close
EkonomiFeminisia

Angkat derajat perempuan, Aisyiyah gelar sekolah wirausaha

sekolah wira usaha

Wiradesa, Wartadesa. – Pemberdayaan perempuan dalam bidang ekonomi bagi warga kurang mampu usia produktif menjadi program Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pekalongan.

Menurut Wakil Ketua 1 PDA Kabupaten Pekalongan,  Nani Ismarini, Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) merupakan upaya kualitas kehidupan perempuan dan mengangkat harkat martabat keluarga miskin. Demikian disampaikan dalam pembukaan acara di Gedung Dakwah Muhammadiyah Wiradesa, beberapa waktu lalu.

Nani menambahkan bahwa penting untuk dilakukan, membentuk wirausaha perempuan pada usia produktif melalui penciptaan lingkungan yang memberikan peluang bagi perempuan untuk berwirausaha.

Nani Ismarini juga menjelaskan para peserta kegiatan SWA diberi materi mengenai membangun mental bisnis, merancang bisnis, merencanakan proses produksi, menata keuangan dan pembukuan usaha, pemasaran produk, membangun jejaring usaha, kunjungan usaha dan praktek.

Untuk itu, lanjut Nani, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) bekerjasama dengan Lazismu Pekalongan mengadakan Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) setiap hari Ahad mulai, 1 Maret s.d 19 April 2020. Kegiatan tersebut diikuti oleh 32 peserta dari Pimpinan Cabang Aisyiyah Wiradesa dan sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekalongan,  . Riyanto, menyampaikan Lazismu merupakan lembaga zakat yang berkhikmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan dana zakat, infaq, shadaqah dan dana sosial keagamaan lainnya secara produktif. Riyanto memaparkan program kerja aksi layanan Lazismu berfokus pada lima pilar, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan sosial kemanusiaan.

“Program SWA merupakan salah satu program sinergi yang dibangun Lazismu dengan PDA, beberapa program lain yang juga sinergi dengan PDA antara lain bantuan permodalan dampingan BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah ),  dan lainnya,” ujar Riyanto.

Pada kesempatan tersebut Lazismu Pekalongan juga memberikan bantuan operasional untuk kegiatan SWA sebesar Rp. 6.350.000. (Eva Abdullah)

Terkait
Lazismu Jateng akan buka Kantor Layanan di setiap AUM

Batang, Wartadesa. – Lazismu Jateng ingin membentuk kantor-kantor layanan di rumah sakit, panti asuhan, perguruan tinggi dan baitut tanwil Muhammadiyah. Read more

Lazismu Kabupaten Pekalongan diganjar penghargaan Program Kemanusiaan Terbaik

KAJEN, WARTADESA. - Lembaga Amil Zakat dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pekalongan dinobatkan sebagai lembaga dengan Program Kemanusiaan Terbaik tingkat Read more

Lazismu Kabupaten Pekalongan himpun 1,272 milyar dana penanggulangan Covid-19

Kajen, Wartadesa. - Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pekalongan telah menyalurkan dana sebesar Rp 1,272  milyar Read more

Dukung Program ketahanan pangan TPPCM, BTM Pekalongan sumbang 20 juta

Kajen, Wartadesa. - Tim Pencegahan Penanggulangan Covid-19 Muhammadiyah (TPPCM) Kabupaten Pekalongan mendapat dukungan dari BTM Pekalongan untuk program  ketahanan pangan, Read more

Tags : Aisyiyahlazismusekolah wira usaha