close
Ekonomi

Beragam kebutuhan pokok mulai naik harga

warung

Kota Pekalongan, Wartadesa. – Harga kebutuhan pokok warga di Kota Pekalongan mulai  merangkak naik, meski demikian, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan menjamin stok pangan masih aman.

Beberapa kebutuhan pokok yang naik meliputi, gula pasir dari Rp 14 ribu menjadi Rp 17 ribu, bawang merah dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu, sementara untuk harga beras, bawang putih, dan telur masih stabil.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan, Bambang Nurdiyatman, Kamis (26/03) mengatakan bahwa wabah Corona berpengaruh terhadap kenaikan harga beberapa komoditi, namun Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah terus mengupayakan agar tidak ada kenaikan secara signifikan.

“Bagaimanapun ada pengaruhnya akibat dari wabah Corona yang saat ini menjadi isu pandemic global saat ini, khususnya bagi eksportir kita, sedikit kenaikan harga di gula sampai 17 rb/kg, kemarin memang terjadi kenaikan bawang bombay Rp60-70 ribu, tetapi sekarang sudah turun sekitar Rp 40 ribu, beras masih stabil harganya, bawang putih harga masih standar. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan daerah tengah mengupayakan tidak terpengaruh besar termasuk kenaikan harga untuk tetap bisa dikendalikan,” tutur Bambang.

Bambang menambahkan bahwa pihaknya selalu memantau fluktuasi harga kebutuhan pokok di pasar tradisional. “Kami tetap melakukan pemantauan harga setiap harinya karena harga bahan pokok ini sifatnya fluktuatif, disamping pasokan yang ada juga tergantung permintaan pembeli seberapa banyak. Tidak usah panik, tidak usah borong. Stok kita aman aja, tidak perlu ikut-ikutan, kita hadapi bersama tanpa menyakiti satu sama lain,” pungkasnya. (Eva Abdullah)

Tags : harga kebutuhan pokoksembako