close
didiek

Kajen, Wartadesa. – Pelaksanaan Sistem Informasi Desa (SID) menjadi penting menuju desa digital untuk mempercepat pelayanan publik dan pengelolaan keuangan desa dengan pemanfaatan teknologi informatika (IT).

Target implementasi desa digital seperti dicanangkan oleh Kemendes PDTT yakni pada tahun 2021. Demikian disampaikan oleh Didiek Harahap, Ketua Yayasan Gema Desa Nusantara yang juga menjadi Direktur Utama Warta Desa dalam sosialisasi penerapan SID dihadapan para kepala desa dan kepala kelurahan se-Kecamatan Kajen, Sabtu (22/08) di Desa Pringsurat, Kajen, Kabupaten Pekalongan.

“Sistem Informasi Desa ini diamanatkan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 dengan turunannya Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 47 Tahun 2016 dan Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 33 Tahun 2018 yang menyebut bahwa peraturan ini berlaku sejak diundangkan.” Ujar Didiek Harahap.

Didiek menambahkan, “sehingga pemerintah desa seharusnya menerapkan Sistem Informasi Desa untuk memberikan pelayanan publik kepada warga secara cepat, keterbukaan informasi publik dan mempublikasikannya dengan akses yang mudah bagi warga.” Ujarnya.

Camat Kajen, Agus Purwanto menyambut baik sosialisasi tersebut. Menurutnya pelaksanaan SID menjadi bagian penting dalam pelayanan publik dan keterbukaan informasi publik.

“Saya kira penerapan Sistem Informasi Desa ini sangat baik dan menjadi bagian dari pelayana publik yang lebih cepat serta memberikan informasi kepada warga desa,” tuturnya Agus.

Agus juga meminta para kepala desa untuk menyiapkan penyusunan rencana pelaksanaan pembangunan desa Tahun 2021 dalam musyawarah desa. (Eva Abdullah)

Terkait
Desa Kebonrowopucang curi start penerapan Sistem Informasi Desa

Karangdadap, Wartadesa. - Jum'at (14/08) Bertempat di Aula Balai Desa Kebonrowopucang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, berlangsung presentasi Sistem Read more

2020 Dana Desa diprioritaskan untuk infrastruktur SID

Kajen, Wartadesa. - Sistem Informasi Desa (SID) menjadi prioritas pembangunan pada 2020 mendatang. Semua desa diminta untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur Read more

SID akan hibur warga Kota Santri malam ini

Kajen, Wartadesa. - Grub musik cadas asal Bali, Superman Is Dead (SID) malam ini, Jum'at (29/9) akan menggelar konser, menghibur Read more

TPPC Covid-19 rekrut 200 relawan untuk edukasi warga

Kajen, Wartadesa. - Tim Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 (TPPC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan merekrut 200 orang relawan yang bertugas Read more

Tags : desa digitalSIDsistem informasi desa