close
Kesehatan

Kasus DBD di Batang masih tinggi

dbd

Batang, Wartadesa. – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, dari Januari hingga Agustus tercatat ada 263 kasus. Sementara yang meninggal dunia ada 4 orang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Batang, Yuli Suryandaru melalui Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Farikhun Asror mengatakan, kasus DB yang berakibat hingga meninggal dunia rata – rata terlambat dibawa ke rumah sakit.

“Oleh karena itu, saya berharap masyarakat kalau memang ada gejala yang sakit yang mengarah ke DB segera ke periksa ke fasilitas kesehatan terdekat,” katanya, rabu (2/9).

Adapun kasus tertinggi berada di Kecamatan Batang dengan 54 kasus dan 3 orang meninggal dunia. Sedangkan Kecamatan Subah di peringkat kedua dengan 47 kasus, meninggal dunia 1 orang.

Selanjutnya Kecamatan Tulis dengan 35 kasus, Kecamatan Kandeman 27 kasus dan Kecamatan Limpung ada 17 kasus.

Dari data tersebut juga tercatat di tahun 2017 ada 52 kasus, meninggal duna 3 orang, tahun 2018 sebanyak 82 kasus, meninggal dunia 2 orang, tahun 2019 sebanyak 363 kasus, meninggal dunia 3 orang.

Tidak hanya itu, untuk meminimalisir pandemi DBD masyarakat diharapkan memiliki kesadaran untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih.

“Memang kasus DBD sering ada kenaikan terjadai pada musim hujan yang biasanya mulai Desember hingga akhir Mei, oleh karena itu harus ada kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan jalani pola hidup sehat,” ungkapnya.

Untuk mengurangi kasus DBD selain melakukan sosialisasi terapkan budaya hidup bersih dan sehat, Dinkes Batang juga secara rutin melakukan fogging atau pengasapan.

“Fasilitas kesehatan seperti Puskesmas di Kabupaten Batang sudah memiliki rapid test untuk mendeteksi cepat DBD. Selain itu, kalau ada temuan kasus baru di desa petugas Puskesmas langsung datang untuk melakukan penyelidikan agar tidak ada tambahan kasus,” katanya. (Eva Abdullah)

Terkait
Sembilan kelurahan di Pekalongan endemis DBD

Pekalongan Kota, Wartadesa. - Sembilan kelurahan di wilayah Kota Pekalongan endemis Demam Berdarah Dengeu (DBD). Wilayah tersebut dinyatakan endimis karena Read more

Warga Batang terkena Covid-19 dapat tunjangan Rp 1 juta

Batang, WartaDesa. - Sebanyak 76 warga Batang positif Covid-19 mengajukan permohonan bantuan santunan sebesar Rp 1 juta. Santunan tersebut diberikan Read more

Masa pandemi Perpusdes mulai dibuka

Batang, Wartadesa. - Masa pandemi Covid-19 di Batang beberapa perpustakaan desa (Perpusdes) sudah mulai dibuka dan melayani peminjaman koleksi. Selain Read more

Korsleting, rumah Ratini ludes dilalap api

Batang, Wartadesa. - Api melalap habis rumah milik Ratini (55) yang tinggal di Dukuh Kemadang RT 07/02, Desa Keteleng, Blado, Read more

Tags : Batangdbd