close
Hukum & Kriminal

Pelaku penipuan dan penggelapan 11 mobil dibekuk

tipu mobil

Batang, WartaDesa. – Satreskrim Polres Batang membekuk RMK (27) warga Kaliboyo, kecamatan Tulis, Batang dan SC (39) warga desa Siberuk, kecamatan Tulis, Kabupaten Batang. Keduanya merupakan pelaku  penipuan dan penggelapan 11 mobil.

“Dua tersangka yaitu RMK (27) warga Kaliboyo, kecamatan Tulis, Batang dan SC (39) warga desa Siberuk, kecamatan Tulis, Kabupaten Batang,” tutur Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka dalam konferensi pers Rabu (16/09).

Modus yang digunakan oleh para tersangka yakni dengan  iming-iming menyewa mobil dengan bayaran Rp4 juta hingga Rp4,5 juta per bulan. “Tersangka beralasan mobil itu untuk keperluan proyek PLTU Batang dengan dalih sudah dikontrak. Lalu, belasan mobil itu justru digadaikan dengan kisaran Rp 25 juta hingga Rp 30 juta,” jelas Kapolres.

Adapun 11 unit mobil yang berhasil disita antara lain tiga mobil Avanza, satu unit mobil Agya, empat mobil Xenia, dua unit Sigra dan satu unit Rush. “Tersangka dikenakan pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal empat tahun,” tegas AKBP Edwin Louis Sengka.

Pelapor, Sugiyo (42), warga kecamatan Mandokan, Kabupaten Sragen menceritakan awal mulanya kenal dengan tersangka dari temannya. Lalu, berdalih untuk proyek PLTU, tersangka menyewa mobilnya dengan bayaran tiap bulan. “Makin lama makin tambah hingga 16 mobil, ada mobil milik tetangga saya hingg adik saya yang disewa,” ucapnya.

menurut Sugiyo, awalnya pembayaran dari tersangka per bulan lancar, lalu mulai tersendat. Hingga akhirnya ia menelepon PLTU Batang.  “Ternyata tidak ada unit mobil yang dipinjam tersangka, digunakan PLTU. Lalu kami lapor,” jelasnya.

Hingga saat ini lima mobil yang belum ditemukan lantaran dua digadaikan dan tiga belum ditemukan. (Eva Abdullah)

Terkait
Guru honorer dengan masa kerja 10 tahun dapat tunjangan 1,6 juta

Batang, WartaDesa. - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah mengalokasikan Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) untuk para guru honorer sebeser Rp Read more

Klaster baru, empat anggota Polres Batang terpapar Korona

Batang, WartaDesa. - Setelah muncul klaster pondok pesantren, perkantoran dan keluarga. Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah mendeteksi klaster baru, Read more

Tekan persebaran Covid-19 di Batang, dua pengajian dibatalkan

Batang, WartaDesa. - Dua acara pengajian di Batang, Jawa Tengah dibatalkan dengan kesadaran penuh penyelenggaranya, guna menekan laju persebaran Covid-19 Read more

Muncul klaster pondok, perkantoran dan keluarga di Batang

Batang, WartaDesa. - Kurang patuhnya warga terhadap penerapan protokol kesehatan dianggap menjadi penyumbang bertambahnya jumlah positif Covid-19 di Kabupaten Batang, Read more

Tags : Batangpenipuan mobil