close
Ekonomi

Pemkab Batang uji coba Pelabuhan Niaga tiga bulan

pelabuhan batang

Batang, Wartadesa. – Pemkab Batang akan segera melakukan uji coba operasional pelabuhan niaga mulai 27 Januari hingga Maret 2018, atau selama tiga bulan. Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kabupaten Batang, Kapten Hendrik Kurnia Adi, Selasa (23/01).

 

“Pelabuhan niaga sudah siap diujicobakan. Akan tetapi karena kendala cuaca gelombang tinggi maka kapal Pontianak bermuatan pasir pesanan dari PT Waskita belum berani berlabuh atau meluncur ke pelabuhan niaga Batang,”  tutur Hendrik.

Hendrik  menambahkan pelabuhan tersebut dibangun di atas tanah seluas enam hektar. Saat ini direncanakan  kapal pengangkut material milik PT Waskita akan membongkar muatan pasir untuk pembangunan jalan tol di Pelabuhan Niaga Batang.

Pelabuhan Niaga Kabupaten Batang, memiliki dua dermaga untuk menampung kapal tongkang kabut berkapasitas maksimal 300 ft dengan kondisi kedalaman laut sudah memenuhi standar yang ditentukan yaitu mencapai 5,9 meter.

Hendrik melanjutkan, Pelabuhan Niaga Batang semula diproyeksikan untuk pelabuhan batubara proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) tetapi dalam perkembangannya beralih fungsi karena pengembangan proyrk ketenagalistrikan itu membangun pelabuhan sendiri di pantai Ujungnegoro.

“Pelabuhan niaga ini akan dikhususkan untuk kapal curah dan barang berupa besi. Adapun untuk sementara, kita belum direkomendasikan sebagai pelabuhan komoditas bahan pokok,” katanya.

Kapten Hendrik mengatakan dengan dioperasikannya pelabuhan niaga maka akan banyak menyerap tenaga kerja seperti tenaga kerja bongkar muat (TKBM), perusahaan bongkar muat, dan agen kapal.

“Kami berharap dengan berdirinya pelabuhan niaga maka perekonomian masyarakat di daerah itu bisa meningkat,” katanya. (Sumber: Antara)

Terkait
Pangkas jarak pasar tradisional dan swalayan jadi 500 meter, ini alasan Bupati Batang

Batang, WartaDesa. - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Batang No. 5 Tahun 2014 tentang Read more

37 petani ngelapak di Pasar Mitra Tani

Kajen, WartaDesa, - Sebanyak 37 petani ngelapak (menggelar daganngannya) di Pasar Mitra Tani yang berada di lingkungan Dinas Ketahanan Pangan Read more

Belanja di pasar tradisional Batang cukup dengan klik ponsel

Batang, Wartadesa. - Setelah warga Semarang dapat memenuhi kebutuhan dapur tanpa datang ke pasar tradisional melalui aplikasi tumbas[dot]in. Kini hal Read more

Warga Semut panen udang Vaname

Wonokerto, Wartadesa. - Wajah Durat, petani udang vaname di Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan terlihat sumringah. Bagaimana tidak! Ia Read more

Tags : pelabuhan batangpelabuhan niaga batang