close
Hukum & Kriminal

Polres Pekalongan Gelar Operasi Premanisme Dan Pungli

pungli

Kajen, Wartadesa. – Jajaran Polres Pekalongan saat ini tengah menggelorakan kegiatan Operasi Premanisme. Kegiatan razia preman dilaksanakan oleh Polres Pekalongan dan Polsek jajaran secara serentak setiap harinya.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, melalui Kasubbag Humas AKP Akrom menerangkan, kegiatan Operasi Premanisme sebagai pelaksanaan perintah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, untuk memberantas premanisme.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan seluruh Polda dan Polres jajaran untuk memberantas setiap aksi premanisme yang meresahkan masyarakat.

Instruksi itu menyusul adanya Instruksi langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri untuk menindak tegas preman yang sering melakukan pemalakan terhadap sopir kontainer di wilayah Jakarta Utara.

Kasubbag Humas menegaskan, semua aktivitas pungutan liar (pungli) yang membuat resah masyarakat menjadi atensi untuk diberi tindakan tegas. Oleh karena itulah, kata Akrom, Operasi Premanisme ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan usaha, bisnis maupun kegiatan masyarakat lainnya.

Kasubbag Humas menerangkan, sudah ada beberapa orang yang diamankan dalam Operasi Premanisme yang kemudian dibawa ke Polres maupun Polsek untuk didata dan diberi pembinaan. Pihaknya menegaskan, tidak akan memberi ruang pada aksi premanisme.

“Kami akan tindak tegas, setiap aksi premanisme seperti aksi memalak, pungli, atau aksi premanisme lainnya yang mengganggu dan meresahkan masyarakat dan juga mengganggu kegiatan usaha masyarakat agar tak terus berkembang,” tutur Kasubbag Humas, Ahad (13/6/2021)

Kasubbag Humas juga meminta masyarakat untuk tidak takut atau ragu melaporkan apabila mengalami, mengetahui, atau melihat aksi premanisme.

“Laporkan ke kami apabila ada aksi premanisme. Akan kami tindaklanjuti segera,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kasubbag Humas menyatakan saat ini pihaknya telah melakukan tindakan preventif dengan menggandeng Babinsa dan Bhabinkabtimas untuk memberikan edukasi guna mencegah adanya premanisme. (Eva Abdullah)

Terkait
Beredar percakapan dugaan ‘upeti’ Bansos di Pemalang

Pemalang, Wartadesa. - Rekaman percakapan  yang berisi dugaan 'upeti' Bantuan Sosial (Bansos) Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) beredar di Read more

Kasus dugaan pungli PTSL, warga Rogoselo geruduk balaidesa

Doro, Wartadesa. - Kasus dugaan pungli Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan terus berlanjut, Read more

Kepala Pasar Buah dan Sayur Pemalang jadi tersangka pungli

Pemalang, Wartadesa. -  Kepala Pasar Buah dan Sayur Pemalang, Suraji ditetapkan sebagai tersangka dugaan pungutan liar (pungli) sewa kios. Kasus Read more

Pungli kerap terjadi, pengaduan jarang diakses warga

Kajen, Wartadesa. - Pungutan liar (Pungli) kerap terjadi namun jarang diakses (pelayanan pengaduan) oleh warga. Oleh karena itu perlu diadakan Read more

Tags : PekalonganPungli