close
Sosial Budaya

Wong Kali Comal, angkat wisata dan seni budaya

wong kali comal

Comal, Wartadesa. – Mengambil lokasi di area sebelah Utara jembatan Kali Comal, Desa Jatirejo, Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, Wong Kali Comal (WKC) menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertajuk Wisata Kebangkitan Nasional.

Ketua Yayasan Wong Kali Comal, Anggoro Adi Atmojo,  saat ditemui di lokasi kegiatan Sabtu (20/05) mengatakan kegiatan Wong Kali Comal sudah mulai sejak adanya Festifal Kali Comal.

“Kami berawal dari beberapa komunitas dari empat kecamatan, yang berkomitmen untuk mengembangkan wisata kali Comal supaya menjadi destinasi wisata di daerah kami. Tak hanya dibidang wisata, kami juga banyak kegiatan dibidang seni budaya, paguyuban keroncong, seni tari, seni rupa,  dan golek.” Ujar Anggoro.

Selain mengembangkan kegiatan wisata dang nguri-uri budaya, Wong Kali Comal juga aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi terhadap pelestarian lingkungan hidup.

“Kami juga aktif mengawasi Kali Comal jangan sampai ada kegiatan yang berdampak merusak kelestarian Kali Comal.  Kami juga berharap kesadaran masyarakat yang berada di atas aliran jangan sampai merusak kelestarian kali.” Lanjut Anggoro.

Kegiatan Wong Kali Comal ini mendapat dukungan dari pihak pemerintah setempat.  “Pemerintah sangat mendukung dan kami juga sangat berterimakasih atas dukungan pemerintah kepada kami,” tutup Anggoro.

Di tempat yang sama Ketua Komisi A, DPRD Kabupaten Pemalang, Wasisto, mengatakan, kegiatan yang berawal dari masyarakat, seperti Wong Kali Comal ini menggugah potensi wisata dan potensi budaya daerah, dan ditambah lagi menjadi destinasi wisata diharapkan terus berkesinambungan.

“Kami harap nantinya bisa berkesimambungan, apalagi Kali Comal ini memiliki destinasi wisata sampai ke hutan mangrove. Kami harap Wong Kali Comal terus bersinergi dengan pemerintah untuk terus meningkatkanya” kata Wasisto. (Eva andullah)

Terkait
Pokdarwis latihan jadi pemandu wisata

Petungkriyono, Wartadesa. - 40 anggota dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Pekalongan mengikuti praktik langsung menjadi guide atau pemandu Read more

Ngopi di curug Bajing yang ngangeni

Curug Bajing memang selalu nganeni. Curug yang eksotis dengan beragam keindahan alamnya ini menjadi primadona di Pekalongan. Curug yang berada Read more

Karang Srity, satu tempat dengan banyak pilihan wisata

Karang Srity, sebuah lokasi wisata negeri diatas awan, Petungkriyono all in one, campingpark, rivertubing, tracking, hiking dan pemandangan segar alam Read more

Menikmati golden sunrise di bukit Pawuluhan Kandangserang

Wartadesa. - Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Pekalongan yang menarik untuk dikunjungi yaitu bukit Pawuluhan Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan Read more

Tags : budayawisatawong kali comal