close
Sosial Budaya

Paguyuban RT Kabupaten Batang akan dideklarasikan

ngopi bareng pprt
Ratusan anggota Paguyuban RT/RW Kabupaten Batang akan malakukan deklarasi lembaganya, Ahad (29/05)

Batang, Wartadesa. – Paguyuban Rukun Tetangga se-Kabupaten Batang akan segera melakukan deklarasi organisasi. Acara pra deklarasi yang digelar dalam bentuk acara ngopi bareng PPRT ini dilaksanakan dihadiri oleh ratusan pengurus RT se-Kabupaten Batang di sebuah rumah makan di Limpung, Ahad (29/04).

Mukhayin, Ketua PPRT mengungkapkan bahwa organisasinya merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat, mengukuhkan (memperkuat) kerukunan warga. Selain itu dengan adanya Paguyuban RT di Kabupaten Batang, akses bantuan untuk warga akan lebih mudah.

“Paguyuban Pengurus RT/RW diharapkan menjalin hubungan sinergis antar RT/RW sehingga memunculkan keterpaduan dan saling belajar, baik keberhasilan ataupun kegagalan dari RT/RW lain. Selain itu, dengan adanya paguyuban ini akses kepada dana bantuan diharapkan bisa semakin mudah.” Ujar Mukhayin.

Paguyuban RT/RW tidak bisa lepas dari kerangka hukum Perda No. 9 tahun 2008 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan membantu mendukung pemerintahan desa. Lanjut Mukhayin.

Sementara itu, Sumarwan Sukmoaji berharap agar paguyuban tidak menjadi ajang politik praktis, “Dalam melaksanakan tugasnya, Paguyuban RT/RW ini harus proporsional dan profesional, jangan sampai menjadi tunggangan politik praktis ataupun kelompok kepentingan tertentu.” Harapnya.  ( Wahyani ) 

Tags : paguyuban rt

Leave a Response