close
EkonomiKesehatan

Nanas Madu Belik, beragam manfaat dari daging buah hingga limbah kulitnya

sampo nanas
PKK Desa Belik mengikuti pelatihan pembuatan produk sampo dari limbah kulit nanas madu. Foto: undip.ac.id

Pemalang, Wartadesa. – Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dikenal sebagai penghasil nanas madu. Beragam manfaat nanas yang bentuknya lebih kecil dari ukuran buah nanas biasanya ini, dapat kita nikmati. Dari daging buah hingga limbah kulit nanas madu.

Warga bisa mendapatkan nanas madu di sepanjang Jalan Raya Purwokerto-Pemalang. Biasanya warga Desa Beluk Kecamatan Belik menjual buah nanas madu dengan menggelar lapak di sepanjang jalan. Selain itu, beragam produk olahan nanas madu dapat dinikmati seperti minuman sari nanas, selai hingga shampoo dari limbah buah nanas.

Lapak Nanas Madu. Penjual nanas madu di sepanjang Jalan Raya Purwokerto-Pemalang menjajakan produk unggulan desa, nanas madu. Foto: Suara Warga Belik

Watini, warga Desa Beluk yang selama 20 tahun berjualan nanas madu di pinggir Jalan Raya Purwokerto-Pemalang mengungkapkan bahwa nanas madu khas Beluk, lebih segar dan manis dibandingkan dengan lainnya, walaupun memiliki ukuran lebih kecil ini justru lebih di sukai oleh masyarakat karena mempunyai rasa yang manis.

Watini mengaku tiap hari bisa menjual 100 buah nanas. Yang membedakan nanas madu Beluk dengan nanas madu lainnya adalah bentuknya yang bulat dan kecil, dan memiliki rasa yang lebih manis ketimbang nanas lainnya.

Nanas madu ini menjadi buah tangan warga yang melewati bilangan Belik, mengingat beragam manfaat, seperti,  melancarkan pencernaan, mencegah kanker payudara,  mengurangi nyeri haid,  mengontrol kolesterol dalam tubuh, memperkuat tulang,  mencegah dan meringankan batuk pilek,  dan mengontrol gula darah atau diabetes.

Tags : manfaat nanasnanas madusampo kulit nanas