close
Politik

Ada kemungkinan PDIP koalisi dengan PKB

koalisi

Kajen, Wartadesa. –  PDIP Kabupaten Pekalongan mengungkap ada kemungkinan partainya berkoalisi dengan PKB dalam gelaran Pemilukada Kota Santri tahun 2020 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris FPDI Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul, selepas empat kadernya menjalani uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPD PDIP Jawa Tengah di Semarang.  Empat balon tersebut Musa Adam dan Abdul Chamid untuk balon bupati, dan Endang Suwarningsih dan Chusnul Qorina untuk balon wakil bupati.

Dilansir dari Merdeka, sebanyak 77 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan mengikuti fit and proper test yang digelar DPD PDIP Jawa Tengah. Hasilnya akan dijadikan acuan mendapatkan rekomendasi DPP PDIP untuk mengikuti Pilkada 2020. Hasil uji kelayakan dan kepatutan tersebut akan diumumkan  saat rapat kerja nasional (Rakernas) tanggal 10 Januari 2020.

Data 77 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah tersebut belum termasuk empat bakal calon dari Kabupaten Pekalongan.

Sekretaris FPDIP Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul menyebut bahwa tes awal dihelat pada Sabtu (21/12) lalu. Tes dibagi dalam tiga sesi, sesi pertama untuk balon wakil bupati, sesi dua untuk balon bupati dan sesi tiga untuk balon dari petahana.

Hasil tes tahap pertama, menurut Sumar, akan ditindaklanjuti dengan tes selanjutnya, namun apakah keempat balon tersebut akan melenggang ke tes tahap dua, Sumar mengaku hal tersebut menjadi ranah DPP.

Sementara itu, dikutip dari Radar Pekalongan, ada kemungkinan PDIP akan berkoalisi dengan PKB. “Semua serba mungkin. Karena kita tidak menutup ruang. Bisa saja nanti dengan PKB, bisa saja nanti tidak dengan PKB. Kita lihat prosesi yang sedang dijalankan oleh DPP. Partai juga sedang melakukan pemetaan,” ujarnya.

Namun Sumar mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru melakukan pemetaan sambil melakukan komunikasi dengan partai lain.

Diketahui bahwa pengajuan pasangan balon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada 2020 hanya dapat dilakukan oleh PDIP dan PKB, sesuai dengan perolehan kursi pada Pemilu Legeslatif kemarin. Sedang untuk partai lainnya harus melakukan koalisi dengan partai lain jika ingin mengajukan calon mereka. (Eva Abdullah, dirangkum dari berbagi sumber)

Terkait
Waspada! Banjir dan rob saat musim penghujan

Pekalongan, WartaDesa. - Perkiraan musim penghujan yang jatuh pada pertengahan bulan ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan Read more

Jaringan pengedar sabu di Kota Pekalongan dibekuk

Kota, Wartadesa. - Personel Satua Narkoba Polres Pekalongan Kota Polda Jateng meringkus pengedar sabu-sabu di dua lokasi, yakni di Jl. Read more

Forum PAC PPP Kab Pekalongan akan kawal aspirasi dukungan dari bawah

Kab Pekalongan, Wartadesa. - Bertempat disalah satu rumah makan di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Forum PAC (Pimpinan Anak Read more

Balqis-Machrus resmi maju dalam Pilkada Kota Pekalongan

Pekalongan Kota, Wartadesa. - Diusung oleh enam partai, yakni Golkar, PKB, PKS, PAN, Gerindra dan Nasdem, pasangan Balgis Diab dan Read more

Tags : koalisipdipPekalonganpkb