close
KesehatanLayanan PublikSosial Budaya

Asip: Segera cairkan Dana Desa untuk penanggulangan Covid-19

asip

Kajen, Wartadesa. – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi memerintahkan kepala desa se Kota Santri untuk segea mencairkan Dana Desa untuk penanggulanangan virus Korona (Covid-19) di masing-masing desa. Demikian terungkap saat ia memimpin rapat koordinasi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pekalongan di aula Setda lantai 1, Ahad (22/03).

“kami  mementingkan untuk segera mencarikan Dana Desa dan dapat menyalurkan untuk kegiatan kerja bakti bersih desa, serta upaya lain untuk mencegah penyebaran Covid-19 di desa masing-masing.” Ujar Asip.

Pada kesempatan tersebut, Asip Kholbihi meminta laporan dan rencana yang akan dilakukan terkait penanganan dan penceghan penyebaran virus Corona kepada masing-masing dinas dan unsur-unsur terkait.

“Kami menginstruksikan  kepada seluruh camat untuk mengkoordinir kepala desa dalam rangka memantau mobilitas warganya, khususnya yang baru saja berkunjung dari daerah atau wilayah terdampak wabah virus Corona.” Lanjut Asip.

Asip menambahkan, terhitung mulai hari Senin,23 Maret 2020  Aparatur Sipil Negara Kabupaten Pekalongan termasuk Guru kecuali pejabat eselon 2 dan 3 untuk bekerja dari rumah. “Kami perintahkan kepada seluruh kepala dinas untuk mengatur mengenai tekhnisnya.” Katanya.

Selain itu Asip meminta kepada seluruh aparatnya untuk menyediakan sarana cuci tangan termasuk hand sanitizer di tempat-tempat publik serta segera ditingkatkan intensinya penyemprotan disinfektan terhadap sarana dan prasaarana public dan pusat keramaian.

“Perkembangan terakhir terkait jumlah ODP (Orang Dalam Pantauan) menjadi 11 orang dan semuanya dalam kondisi sehat. Terkait 2 PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang semuanya berasal dari Pemalang di RSUD Kraton satu orang dinyatakan positif Koron.” ujar orang nomor satu di Pekalongan tersebut.

Terkait hal tersebut, bupati memerintahkan kepada Direktur RSUD Kraton untuk lebih meningkatkan  kewaspadaannya dan menerapkan protocol yang sudah ada. “Perlu ditingkatkan upaya-upaya kampanye edukasi kepada masyarakat terkait upaya preventif dan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui media sosial, leaflet, baliho dan radio siaran keliling. (Eva Abdullah)