close
Screenshot 2021-11-17 08.06.53
Ilustrasi. Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-mengenakan-jam-tangan-analog-bulat-putih-pada-10-09-1697214/

Jam tangan tidak hanya memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu, tapi juga menjadi aksesoris yang tidak boleh ketinggalan dipakai baik pria maupun wanita. Tidak heran mengapa jam tangan perlu dirawat agar tetap awet dan bisa dipakai setiap hari untuk jangka panjang. Ada beberapa cara simpel merawat jam tangan yang bisa Anda lakukan, untuk membuat  jam tetap berfungsi sebagaimana mestinya. 

Cara Merawat Jam Tangan Dengan Mudah Agar Awet Tahan Lama

Agar awet dan tahan lama, ada beberapa cara simpel merawat jam tangan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan. 

1. Bersihkan Jam Secara Rutin

Untuk merawat jam tangan maka yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan jam secara rutin. Membersihkan jam tangan bisa dilakukan dengan cara sederhana dan juga tidak rumit. Anda bisa memanfaatkan tisu basah yang biasa dipakai untuk bayi. 

Tisu basah ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan bekas keringat yang menempel dari tubuh ke jam tangan. Setelah itu, bersihkan kembali bagian jam dengan tisu kering dan biarkan beberapa saat. Jangan pernah mengeringkan jam yang sudah dibersihkan dengan dryer karena panasnya angin bisa berbahaya. 

2. Bersihkan Area Strap

Cara merawat jam tangan mewah tidak hanya untuk bagian komponen jam saja tapi juga penting untuk membersihkan bagian area strap. Tali jam umumnya terdiri dari berbagai bahan. Mulai dari bahan karet, kanvas, plastik, stainless dan juga kulit. Beda bahan tali jam maka berbeda pula cara perawatannya. Untuk jam dengan bahan karet atau plastik cara membersihkannya bisa menggunakan sabun lalu disikat dengan sikat halus. Hal ini untuk membantu menghilangkan sisa keringat yang menempel.

Untuk strap berbahan kanvas, maka cara membersihkannya menggunakan sikat gigi dan sabun. Setelah dibersihkan maka langsung dikeringkan dengan kertas koran supaya tidak membuat bau tidak sedap. Membersihkan strapnya bisa dengan cara diangin-anginkan saja. Berbeda pula cara pembersihan untuk jam dengan tali dari bahan stainless. Anda harus membersihkannya dengan cara mengikat pada bagian sela-sela tali jam. Biasanya jam stainless ini terdapat banyak sisa keringat yang menempel di sela-sela tali yang harus dibersihkan dan dikeringkan. 

Sementara untuk merawat tali jam yang berasal dari bahan kulit maka bisa menggunakan kain setengah basah. Kemudian setelah dibersihkan langsung dikeringkan dengan kain kering. Anda juga bisa membuat tali jam lebih awet, dengan mengolesi menggunakan lotion seminggu 1 kali. 

3. Selalu Simpan Pada Tempat yang Kering

Meski mudah dilakukan, namun perawatan jam tangan harus dilakukan dengan hati-hati. Salah satunya dengan memperhatikan selalu tempat menyimpan jam. Jam tangan harus diletakkan pada tempat yang benar-benar kering. Jangan meletakkan jam pada daerah yang memiliki suhu ekstrim, yaitu terlalu panas atau terlalu dingin. 

Karena kondisi seperti ini akan mempengaruhi umur jam. Apalagi untuk jam yang sudah jarang dipakai dan hanya menjadi koleksi. Cara merawat jam tangan yang tidak dipakai adalah dengan menempatkannya pada suhu normal. Lebih baik jika menyimpan jam tangan di kotak khusus agar lebih aman. 

4. Gunakan Alas Tisu

Cara membersihkan jam tangan yang berkarat tentu akan cukup rumit. Jadi Anda harus lebih mungkin untuk membuat jam tangan tetap bersih dan tidak berpotensi karatan. Caranya tentu saja dengan mengelap jam tangan dengan tisu berbahan lembut sebelum digunakan. Apalagi untuk Anda yang memang sering berkeringat di area pergelangan tangan. 

Jam tangan saat dipakai akan bersentuhan langsung dengan kulit, kandungan garam yang muncul pada keringat lama-kelamaan akan menimbulkan korosi. Apalagi jika Anda menggunakan jam tangan dan strap dari bahan stainless. 

5. Jauhkan Jam Tangan dari Jangkauan Magnet

Cara simpel merawat jam tangan, usahakan untuk menghindarkan jam dari yang namanya daerah bermagnet. Misalnya saja ada banyak barang elektronik di rumah, maka yang harus dijauhkan dari barang-barang tersebut. Ketika jam berdekatan dengan barang yang punya kandungan gelombang elektromagnetik, akan punya pengaruh pada putaran jam.

Kandungan gelombang elektromagnetik ini bisa membuat jam tangan menunjukkan waktu yang tidak tepat. Jadi jika  jam Anda sering menunjukkan waktu yang lebih cepat atau lebih lambat, mungkin saja indikasi jam sudah mulai rusak karena pengaruh area bermagnet. 

6. Lakukan Service Jam Tangan Secara Rutin 

Ternyata perawatan jam tangan juga harus dilakukan dengan servis secara rutin. Lagi untuk jam tangan mewah dari merk terbaik misalnya seperti jam tangan dari Alexandre Christie.

Merek ini merupakan merek jam terbaik untuk pilihan jam pria maupun wanita. Tersedia pula jam tangan dari berbagai model mulai dari model klasik hingga modern.

Perlu diketahui untuk mesin jam tangan terdiri dari komponen-komponen yang kecil dan harus dilihat menggunakan kaca pembesar. Anda bisa memilih untuk melakukan servis jam tangan secara rutin di tempat service resmi. 

Jadi untuk Anda yang ingin jam tangannya awet bertahun-tahun, bisa menerapkan cara simple merawat jam tangan seperti di atas. Meski mudah dilakukan, namun jika tidak rutin perawatannya akan membuat jam tangan lebih cepat rusak. 

Untuk Anda yang berencana untuk membeli jam karena jam lama sudah rusak atau ingin model jam terbaru, maka bisa mendapatkannya di Blibli. Blibli menghadirkan katalog jam tangan terlengkap untuk pria dan wanita dari brand-brand ternama. Untuk kualitas jam tidak perlu diragukan lagi karena semuanya original.

Bagaimana dengan harganya? Tidak perlu khawatir karena harga jam tangan yang dijual oleh Blibli sangat terjangkau. Bahkan Anda bisa mendapatkan promo diskon besar-besaran untuk pembelian jam pada waktu-waktu tertentu. (.*.)

Terkait
Alat yang anda butuhkan untuk mengamankan data pribadi saat berselancar di dunia maya

DATA penggunaan internet di Indonesia selama masa pandemi Covid-19 menunjukkan kenaikan yang tinggi. Survei yang dilakukan oleh APJII menyebutkan bahwa Read more

Bijaklah bermedia sosial, Jelang Pilkada, Polres Pekalongan gencarkan patroli cyber

Kab Pekalongan, WartaDesa. - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Polres Pekalongan mengantisipasi kejahatan yang berkembang di media sosial (medsos) Read more

Desa Digital jadi rujukan penyusunan RPJMDes

Kajen, Wartadesa. - Pelaksanaan Sistem Informasi Desa (SID) menjadi penting menuju desa digital untuk mempercepat pelayanan publik dan pengelolaan keuangan Read more

Desa Kebonrowopucang curi start penerapan Sistem Informasi Desa

Karangdadap, Wartadesa. - Jum'at (14/08) Bertempat di Aula Balai Desa Kebonrowopucang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, berlangsung presentasi Sistem Read more

Tags : Alexandre Christiearlojijam tangantips perawatan jam tangan