close
Sosial Budaya

Megengan, Combats Batang bagi santunan untuk anak yatim

combats
Komunitas Combats menggelar acara Megengan dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Blado. Ahad (13/04)

Batang, Wartadesa.– Komunitas musisi Batang Selatan yang tergabung dalam Combats menggelar kegiatan sosial dalam acara Megengan (tradisi warga eks Karisidenan Pekalongan menjelang bulan Ramadhan) dengan membagikan santunan kepada 15 yatim piatu Desa Kambangan Kecamatan Blado Kabupaten Batang, Ahad (13/05).

Acara bertajuk Megengan tersebut digelar di obyek wisata Tronggolasi Desa Kambangan Kecamatan Blado. Menurut Pujiono, Sekjen Combats, total anggota yang bergabung dalam komunitasnya berjumlah 170 orang yang kesemuanya merupakan musisi asal Batang wilayah Selatan.

Komunitas ini berdiri sejak 2009 lalu, lanjut Pujiono, “Total jumlah anggota komunitas Combats sebanyak 170 orang, yang bergabung sejak mulai berdirinya Combats pada tahun 2009,” tuturnya, Senin (14/05) dengan didampingi oleh Solihin, Ketua Combats.

Megengan merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh komunitas Combats, selain acara buka puasa bersama dan lainnya. “Acara rutinan dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. pertama Megengan, kedua buka bersama, ketiga suronan, pengajian dan santunan.” Lanjut Puji.

Kebersamaan yang dibangun dalam komunitas ini yakni untuk mewujudkan visi lembaganya, meningkatkan kesejahteraan anggota dan meningkatkan persaudaraan sesama anggota Combats. Papar Puji.

Selain itu, masih menurut Puji, Combats berharap bahwa  anggotanya, kedepan semakin solid dan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. “Stikmen sekali saudara tetep saudara.” Itu yang menjadi jargon komunitas ini.

Sementara itu, Manowati, salah satu anggota komunitas mengungkapkan harapannya agar Combats senantiasa langgeng. “Combats semogga langgeng, sukses selalu. Saya sebagai anggota merasa sangat senang dan antusias dengan kegiatan sosial ini. Semoga (kegiatan sosial ini) bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Ahmad Shobirin, Kepala Desa Kambangan mengucapkan terima kasih kepada komunitas Combats yang telah menggelar acara santunan kepada yatim piatu di wilayahnya. “Kami mengucapkan banyak trimakasih kepada Combats yang peduli kepada warga kami yang mendapat santunan dari anggota Combats. Sangat luarbiasa. Combats sukses selalu. (Wahyani)

Tags : combatsmegenganyatim piatu