close
Sosial Budaya

Nyalakan kayu bakar lalu ditinggal, kandang ayam kebakaran

kandang ayam kebakaran
kebakaran menimpa dua peternak ayam di Pekiringan Alit, Kajen

Kajen, Wartadesa. – Apes menimpa dua orang pengusaha ayam di Desa Pekiringan Alit Kecamatan Kajen, Rabu (17/10) dinihari. Pasalnya, dua lokal kandang ayam senilai ratusan juta ludes terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian material mencapai Rp 200 juta.

Informasi dihimpun, kebakaran terjadi sekira pukul 00.00 wib di kandang ayam milik Teguh (60) dan Suryo Adi (55). Semula sekitar pukul 23.00 Wib pemilik kandang ayam, Teguh menyalakan pemanas kayu bakar supaya suhu kandang ayam menjadi hangat.

Namum setelah dinyalakan, ditinggalkan begitu saja oleh Teguh tanpa dimatikan atau diawasi. Teguh yang sampai di rumah dengan jarak kandang ayam tidak begitu jauh langsung istirahat dan tidur.

Selang beberapa menit kemudian, Samsu Kusno (45) warga sekitar yang sedang tiduran mendengar suara keras percikan api. Kemudian ia baru sadar bahwa kandang ayam yang tak jauh dari tempatnya terbakar. Karena kandang ayam terbuat dari kayu dan alat yang mudah terbakar, akhirnya api dengan mudah membesar dan merambat.

Samsu akhirnya memberitahukan kepada pemilim Kandang ayam, Teguh bahwa kandang ayam miliknya terbakar. Melihat kejadian tersebut kemudian warga sekitar berusaha untuk memadamkan api dengan megambil air untuk meyiram api tersebut menggunakan selang. Selain itu warga juga melaporkan ke Petugas Pemadam kebakaran.

Meski berusaha dipadamkan, namun beberapa jam api belum mati dan api baru bisa dipadamkan setelah beberapa mobil Pemadam Kebakaran tiba dilokasi. Adapun api baru bisa padam sekira pukul 06.13 Wib.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom menyatakan bahwa dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi oleh anggota Polsek Kajen bahwa kebakaran terjadi sekira pukul 23.00wib. Api diduga disebabkan oleh pemanas kayu bakar untuk ayam. Kemudian api baru bisa dipadamkam setelah sejumlah mobil kebakaran tiba dilokasi.

“Adapun akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun sebanyak 8.000 anak ayam ikut terbakar sehingga kerugian materiil diperkirakan sebesar Rp 200 juta,” terangnya. (Humas Polres Pekalongan)

Tags : kandang ayam