close
operasi pasar
  • Pasar murah juga akan digelar di Batang

Pekalongan Kota, Wartadesa. – Pemkot Pekalongan bersama Dinas Perdagangan dan Koperasi (Dindagkop) dan Bulog Gudang Bondansari menggelar pasar murah di Pasar Grogolan dan Pasar Podosugih untuk menekan harga beberapa kebutuhan pokok warga. Total operasi pasar digelar di empat tempat, Senin kemarin.

Dalam operasi pasar tersebut, bawang putih dijual Rp 17 ribu persetengah kilonya, beras premium Rp 52.500 perlimakilogram, minyak goreng Rp 11.300/liter, beras medium Rp 42.500 perlimakilogram, tepung terigu Rp 7.400/kg dan daging kerbau dengan harga Rp 75 ribu perkilogram.
.
Kepala Bidang Perdagangan pada Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Sri Haryati,   mengungkapkan bahwa gelaran pasar murah dalam rangka mengendalikan harga beberapa komoditi untuk warga kurang mampu.

“Harga bawang putih di Kota Pekalongan mengalami kenaikan yang cukup signifikan di pasaran, harganya mencapai Rp 60 ribu perkilogram. Sehingga, kami bersama Bulog mengadakan operasi pasar ini untuk mengendalikan harga komiditi tersebut dalam rangka menyediakan bahan pangan bagi masyarakat Kota Pekalongan khususnya yang tidak mampu, dengan harga yang lebih murah,” tutur Haryati.

Pasar Murah di Batang

Operasi Pasar Murah di Batang akan digelar pada Rabu hingga Jum’at (19-21/02) yang akan dilaksanakan di kelurahan Karangasem Utara pada hari ini dan Pasar Limpung keesokan harinya.

“Kegiatan operasi pasar sembako akan mulai kami laksanakan pada Rabu (19/02/2020) besok di Kelurahan Karangasem Utara. Selanjutnya, kami geser ke Pasar Limpung pada Kamis (20/02/2020), dan terakhir di Pasar Bandar pada Jumat (21/2),” ujar Subiyanto, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Batang, Selasa (18/02).

Dalam operasi pasar, Pemkab Batang akan menyediakan beras kemasan 5 kilogram seharga Rp 42.000, minyak goreng Rp 11.500 perkilogram, bawang putih Rp 17 ribu per setengah kilogram, tepung terigu Rp 7.500 perkilogram.

Subiyanto menyebut bahwa operasi pasar digelar untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok warga. Meski demikian, ia menghimbau agar warga tidak melakukan aksi borong pada operasi pasar tersebut. (Eva Abdullah)

Tags : Batangoperasi pasarPekalongan