close
Sosial Budaya

Awal Maret PNS yang baru dilantik bakal mendapat gaji penuh

pelantikan pns

Kajen, Wartadesa. – Awal bulan depan, ratusan CPNS yang diambil sumpahnya di Aula Setda Kabupaten Pekalongan menjadi PNS akan mendapatkan gaji penuh, dengan besaran rata-rata Rp 2,5 juta. Sementara itu PNS yang ditempatkan di daerah atas tidak diperkenankan untuk pindah. Demikian terangkum saat Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi melantik 376 PNS formasi 2018, Selasa (18/02) kemarin.

Menurut Asip, susahnya menjadi PNS harus dijadikan landasan bagi para CPNS yang kemarin dilantik untuk bekerja dan menjalankan amanah dengan baik.  “Kemarin kita baru mendampingi rekruitmen CPNS tahun 2019, susah sekali. Saya berharap jenengan yang menjadi PNS disyukuri dan dijalani dengan baik,” ujarnya.

Selain gaji, masih menurut bupati, TPP PNS juga dinaikkan menjadi 150 persen dan diberikan pada akhir bulan. “Golongan 2 dan 3 besarannya Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu, dulu hanya Rp 150 ribu. Ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah yang sesuai dengan undang-undang. Ke depan kita akan menyusunnya berbasis reward and punishment. Yang kerjanya tenanan bisa dapat banyak, yang kerjanya setengah-tengah bisa tidak dapat,” lanjut Asip.

Bupati  mengungkapkan bahwa PNS yang bertugas di daerah atas atau pegunungan seperti Kecamatan Paninggaran, Petungkriyono, dan lainnya tidak diperkenankan untuk minta pindah. Mereka ditempatkan di daerah itu sesuai dengan formasi CPNS awal mendaftar dan sesuai ketentuan minimal dua tahun bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Tidak usah mengeluh dimana pun lokasi bekerjanya sama. Saya sudah tahu semua desa di Kabupaten Pekalongan, Insya Allah tidak ada yang sulit. Semua sudah berlistrik dan jalannya sudah bagus. Tinggal sedikit lagi yang belum. Sekali lagi saya berpesan, semuanya boleh kecuali yang dilarang aturan,” ujar Bupati. (Eva Abdullah)

Tags : gaji pnsPNS