close
EkonomiSosial Budaya

Harga ayam potong naik drastis, pedagang di Pemalang mogok jualan

ayam
ilustrasi

Pemalang, Wartadesa. – Tingginya harga ayam potong di pasar wilayah Batang, Pekalongan hingga Pemalang hingga mencapai Rp 45 ribu perkilogramnya membuat para pedagang ayam potong kalangkabut. Bagaimana tidak! Ayam Broiler atau ayam potong, saat awal pandemi Covid-19 harganya terjun bebas Rp 6 ribu, kini harga ayam potong di tingkat peternak mencapai Rp 23 ribu.

Melambungnya harga ayam potong tersebut membuat pedagang ayam di Pasar Pagi Pemalang melakukan mogok berjualan ayam potong. Mereka sepakat sesuai dengan edaran yang dibuat pengurus pasar ayam, yakni berhenti jualan ayam potong dari tanggal 2-5 Juli 2020.

Surat edaran mogok dibuat oleh Persatuan Pedaan Daging Ayam Pemalang dan disepakati para pedagang, yang kemudian juga tersebar di sejumlah pesan WhatsApp. Dalam surat itu, disebutkan, bahwa pedagang yang tetap berjualan akan dikenakan denda Rp10 juta. Dalam surat tersebut tertulis bahwa seluruh pedagang daging ayam dilarang berjualan dengan alasan untuk menstabilkan harga.

Bagi pedagang ayam potong yang nekad berjualan, dagangannya akan diangkut untuk dibagikan kepada anak yatim.

Ketua Paguyuban Pedagang di Pasar Unggas Pemalang, Harto membenarkan adanya surat tersebut. “Pedagang di semua Pasar Unggas Pemalang mulai hari ini tidak jualan ayam putih, sampai Minggu, tapi jika tidak ada perubahan harga ya mungkin akan diperpanjang,” tuturnya, Jum’at (03/07).

Kepala Diskoperindag Kabupaten Pemalang Hepi Priyanto mengatakan, akan mengambil langkah atas persoalan tersebut dengan mempertemukan distributor dan pedagang. Dengan demikian bisa mendapatkan titik temu.

Menurut Hepi,  melambungnya harga daging ayam disebabkan karena stok ayam yang terus berkurang. Itu disebabkan selama pandemi Covid-19 para peternak ayam menghentikan aktifitasnya karena mahalnya pakan dan biaya perawatan ternak.

Naiknya harga ayam potong di pasar tradisional Batang juga diakui oleh para pedagang. Tadiroh, salah seorang pedagag mengungkapkan harga ayam potong terus naik sejak lebaran lalu. “Bahkan kini hingga Rp40-45 ribu per kilonya.” Ujarnya. (Eva Abdullah)

Terkait
Masyarakat kecil kurangi konsumsi, harga daging ayam turun

Pekalongan, Wartadesa. - Penurunan permintaan daging ayam potong hingga 50 persen menyebabkan sejumlah pedagang ayam di Pasar Grogolan Kota Pekalongan Read more

Pemkot Pekalongan tak gelar Salat Id, anjurkan warga salat dirumah

Kota Pekalongan, Wartadesa. -  Pemerintah Kota Pekalongan tidak akan menggelar Salat Id di masjid maupun lapangan terbuka. Selain itu mereka Read more

Ini kebiasaan yang dilakukan para pemudik di kampung halaman

PEMERINTAH resmi memberlakukan larangan mudik dari tanggal 6-17 Mei 2021 untuk mencegah persebaran Covid-19. Meski demikian, ribuan warga tetap nekat Read more

10 pemudik Desa Kesesi hasil swabnya negatif

Kesesi, Wartadesa. - Sebanyak 10 orang pemudik yang tiba di Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Pekalongan, Selasa (04/05) langsung menjalani tes Read more

Tags : ayam potongmogok jual ayam