close
Layanan PublikPendidikan

Iuran administrasi naik, puluhan siswa SMK Yapenda gelar aksi vandalisme

demo smk yapenda
Puluhan siswa kelas XI SMK Yapenda Wiradesa diinterogasi di Mapolsek Wiradesa terkait aksi vandalisme, memprotes kebijakan sekolah yang menaikkan iuran sekolah.

Wiradesa. Wartadesa. – Puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pemerintah Daerah (Yapenda) menggelar aksi vandalisme di dinding tembok sekolah mereka, Senin (13/08) dinihari.

Aksi yang dilakukan oleh 30 siswa kelas XI SMK Yapenda tersebut merupakan aksi unjuk rasa, lantaran mereka kecewa dan keberatan dengan kenaikan iuran administrasi yang diminta oleh pihak sekolah untuk tahun pelajaran 2018/2019.

Aksi yang keburu konangan (ketahuan) patroli Polsek Wiradesa tersebut, akhirnya dihentikan. Menurut Aiptu Erick Hantoko, petugas patroli di lapangan, aksi corat-coret dilakukan dengan mengunakan cat semprot ke dinding sekolahan. “Ketika kegiatan patroli sampai di SMK Yapenda Wiradesa, kami melihat aksi pemuda yang melakukan vandalisme,” tuturnya.

Setelah berkomunikasi sebentar selanjutnya Aiptu Erick Hantoko dan Aipda Agus Budiyanto,  meminta para pemuda yang berjumlah 30 anak tersebut bisa ikut ke Polsek Wiradesa.

Di Mapolsek Wiradesa 30 pemuda tersebut di data dan di intrograsi ternyata mereka semua siswa kelas XI SMK Yapenda yang melakukan aksi unjuk rasa dengan cara Vandalisme atau mencorat coret dinding luar sekolahnya dikarenakan merasakan kecewa dan berat atas kenaikan iuran administrasi yang diminta dari pihak sekolah untuk tahun ajaran baru 2018 – 2019. Tutur Erick

Ketigapuluh siswa tersebut akhirnya diminta oleh Kapolsek Wiradesa, AKP Yorisa Prabowo untuk menyelesaikan permasalahan mereka secara intern dengan pihak sekolah. Para siswa kemudian diminta untuk pulang. “Mungkin karena adanya miskomunikasi antara Guru dan orang tua siswa hingga menimbulkan perilaku vandalisme siswa SMK Yapenda tersebut” terang AKP Yorisa. (WD)

 

Tags : iuran sekolah naikprotes siswa smk yapendavandalisme

1 Comment

Leave a Response