close
EducationPendidikan

Pemkab Pekalongan cover bantuan lima juta untuk mahasiswa tidak mampu

kartu-kajen-sehat1-1

Kajen, Wartadesa. – Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengcover (membantu) senilai Rp. 5 juta bagi 200 mahasiswa dari keluarga tidak mampu, untuk menekan angka drop-out (DO). Data penerima bantuan tersebut sebelumnya dilakukan verifikasi dengan tujuan agar tepat sasaran bagi warga Kota Santri yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Selain bantuan bagi mahasiswa kurang mampu, melalui Kartu Kajen Cerdas (KKC) Pemkab juga memberikan bantuan masing-masing Rp 450ribu untuk siswa SD, Rp 750 ribu untuk SMP dan Rp 1 juta untuk siswa SMA. Bantuan diberikan secara berkala, setahun sekali, dan data disesuaikan setiap tahunnya.

Sumarwati, Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan mengungkapkan bahwa bantuan tersebut merupakan upaya mendukung Zero Drop Out (DO) dengan anggaran Rp. 5 miliar untuk tahun angaran 2018.

Anggaran Rp 5 miliar tersebut diperuntukan 7.609 siswa kurang mampu di tingkat SD, SMP dan SMA. Data tersebut sudah ditetapkan tahun sebelumnya, dan perbaikan berdasarkan verifikasi ulang tahun ini.

“Dari program Bupati Pekalongan yang diluncurkan tahun lalu, tahun ini kembali dikucurkan lagi bagi siswa siswi kurang mampu. Data telah diverifikasi untuk penerima yang belum menerima, atau ada yang pindah sekolah, serta lainnya,” ujar Sumarwati.

Sumarwati berharap dengan program beasiswa Kartu Kajen Cerdas, siswa kurang mampu  bisa meraih hak pendidikan tanpa terkendala masalah ekonomi. Sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah, karena tidak mampu membiaya keperluan sekolah, dan harapan Zero DO dapat tercapai. (Eva Abdullah)

Tags : beasiswa mahasiswakartu kajen cerdas

Leave a Response