close
Sosial Budaya

PRM Karangjati terima wakaf Masjid al Firdaus beserta tanah seluas 900 meter

masjid al firdaus

Wiradesa, Wartadesa. –  Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Karangjati, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan menerima wakaf tanah seluas 900 meter persegi, beserta bangunan masjid yang ada diatasnya, seluaas 436 meter persegi.

Pembangunan Masjid Al-Firdaus sendiri menghabiskan anggaran hingga Rp 1,8 miliar. Keberadaan masjid yang berada di sebelah jalan utama Karangjati-Wuled ini cukup strategis. Hingga dapat dimanfaatkan oleh para musafir dan menjadi ikon kebanggaan warga setempat.

Penyerahan wakaf tersebut dilakukan oleh Sofyan Adnan dalam sebuah acara Peresmian Masjid Al-Firdaus dan Ikrar Wakaf sekaligus Pengajian Umum bersama M. Jamaludin Ahmad, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting, Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Jum’at (09/04) lalu.

Sofyan Adnan selaku pemberi wakaf (waqif) atas nama keluarga menyampaikan bahwa tanah tersebut sebelum dibangun masjid merupakan rumah peninggalan orang tuanya. Ia berharap agar wakaf yang diberikan, pahalanya akan mengalir kepada orang-tuanya.

Sofyan Adnan dihadapan warga, menyerah-terimakan wakaf kepada warga Muhammadiyah Karangjati untuk dikelola sebaik-baiknya dan memakmurkan masjid.

Prosesi ikrar wakaf dipimpin langsung oleh Kepala KUA Wiradesa, yang selanjutnya ikrar wakaf dibaca langsung oleh waqif,  Sofyan Adnan,  dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh waqif, nadzir (penerima wakaf) dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiradesa, dan saksi dari PRM Karangjati.

Selanjutnya, sertifikat wakaf diserahkan kepada Faesol selaku nadzir, dan akan segera diproses menjadi sertipikat tanah wakaf Muhammadiyah.

Selain menyerahkan wakaf tanah dan masjid, Sofyan juga menyerahkan wakaf untuk pemakaman Desa Karangjati seluas 31 meter persegi, senilai Rp 10.130.000,-

Acara dilanjutkan dengan peresmian Masjid Al-Firdaus ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh  M. Jamaludin Ahmad,  Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah, dan dilanjutkan dengan pembukaan tirai papan nama Masjid Al Firdaus oleh Mulyono Kastari, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan. (Andi Setiawan)

Terkait
10 pemudik Desa Kesesi hasil swabnya negatif

Kesesi, Wartadesa. - Sebanyak 10 orang pemudik yang tiba di Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Pekalongan, Selasa (04/05) langsung menjalani tes Read more

Festival Kampung Ramadan Karangjompo hasilkan program mitigasi bencana rob di Pekalongan

Karangjompo, Wartadesa. - Hujan sempat mengguyur Desa Karangjompo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan selama satu jam. Gelaran nonton bareng Film Dokumenter Read more

Siapkan keberlanjutan kepemimpinan, Baitul Arqom digelar

Kajen, Wartadesa. - Keberlanjutan kepemimpinan menjadi bagian penting dari organisasi berbasis kader, seperti Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) dan Pimpian Read more

Manfaatkan pulang sebelum larangan mudik, berikut kisahnya

BANYAK cara dilakukan pemudik untuk pulang kampung sebelum pemberlakuan larangan mudik mulai Kamis (06/05) mendatang. Sebagian besar perindu kampung halaman Read more

Tags : karangjatimasjid al firdauswakaf