close
Sosial Budaya

Khawatir melanggar norma agama, pasangan remaja nikah dini

pernikahan dini
ilustrasi Foto: Republika

Pemalang, Wartadesa. – Ratusan pasangan remaja di Kabupaten Pemalang menikah, meski usia mereka belum sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni UU Pernikahan. Rata-rata pernikahan dini di Kota Ikhlas dipicu lantaran pasangan remaja sudah lama menjalin hubungan. Hingga orang tua khawatir hubungan mereka melanggar norma agama. Merekapun dinikahkan.

Demikian disampaikan oleh Hakim dan Juru Bicara Pengadilan Agama Kelas IA Pemalang, Sri Rokhmani. Menurutnya selama Januari hingga Maret 2021, total 224 dispensasi pernikahan  masuk dan 195  diantaranya diputus (ditandatangani).

Sementara tahun sebelumnya, sebanyak 673 putusan dispensasi nikah yang dikeluarkan selama 2020.

“Mereka berusia dibawah 19 tahun, dan rata-rata sudah keluar dari sekolah,” kata Sri Rokhmani. Menjelaskan usia permintaan dispensasi nikah.

Sri Rokhmani menambahkan bahwa pemicu pernikahan dini di Pemalang yakni lamanya hubungan pasangan remaja sehingga pihak keluarga khawatir jika hubungan mereka menjurus hal yang melanggar norma agama dan susila.

“Penyebabnya, biasanya usia yang bersangkutan belum cukup, tapi sudah lama bergaul. Mereka kemudian dinikahkan, karena orang tuanya khawatir terjadi pelanggaran norma agama.” Lanjutnya.

Selain itu, lanjut Sr Rokhmani, ada juga yang dinikahkan lantaran sudah hamil. Namun angka tersebut kecil. Pungkasnya.  (Eva Abdullah)

Terkait
Tradisi dan “Kebobolan” penyebab pernikahan usia muda di Batang

Batang, Wartadesa. - Faktor tradisi warga Batang yang menikahkan anaknya dalam usia muda dan calon istri hamil sebelum menikah ("kebobolan") Read more

Mudik! Wajib menunjukkan surat keterangan sehat

Pemalang, Wartadesa. - Bagi pemudik yang melewati jalur Pantura, utamanya melewati Pemalang, wajib menunjukkan surat keterangan sehat yang dibuat sebelum Read more

Terkena petasan, Posyandu di Pemalang terbakar

Pemalang, Wartadesa. - Sebuah Posyandu di Desa Kebongede, Kecamatan Bantarbolang, Pemalang mengalami kebakaran akibat terkena letusan petasan. Hal tersebut menjadi Read more

Tari Ing Warno, bakal dihelat di Pantai Widuri

Pemalang, Wartadesa. - Dewan Kesenian Daerah (DKD) Pemalang bakal menggelar acara bertajuk Tari ing Warno di parkiran Pantai Widuri Pemalang. Read more

Tags : pemalangpernikahan dini