close
KesehatanLayanan Publik

Rapid tes massal pasar tradisional Pekalongan, Lima orang reaktif

rapidtes

Kajen, Wartadesa. – Setelah sebelumnya kami memberitakan dua orang reaktif (sementara) dari hasil rapid tes massal yang digelar Pemkab Pekalongan di enam pasar tradisional Kabupaten Pekalongan. Hasilnya, total lima orang reaktif dari rapid tes di  pasar Kajen, Kesesi, Sragi, Wiradesa, Bojong, dan Kedungwuni, Kamis (28/05).

Rapid tes menyasar 573 orang dengan sasaran para pedagang dan pengunjung pasar. Data reaktif diketahui di pasar Kedungwuni dua orang, pasar Kajen dua orang dan pasar Sragi satu orang.

Selanjutna, Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan akan melakukan tracking terhadap lima orang reaktif tersebut dan akan melakukan swab tes bagi kelima orang yang hasilnya reaktif.

Sebelumnya kami mengabarkan, hasil rapid tes 80 orang di Pasar Induk Kajen, sementara dua orang reaktif Covid-19. (Jika hasilnya reaktif, ini berarti antibodi sudah ada dalam tubuh. Keberadaan antibodi dalam tubuh membuat orang tersebut diduga sudah pernah terinfeksi virus Corona). Demikian disampaikan Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimukti, Kamis (28/05).

“Untuk pantauan sementara di Pasar Kajen dari 80 orang baik pedagang ataupun pembeli secara acak yang dilakukan rapid test hasilnya 2 orang dinyatakan reaktif,” ujar Arini.

Hari ini, Pemkab menggelar rapid tes di sejumlah pasar, yakni Kajen, Bojong, Kedungwuni, Sragi, Kesesi dan Wiradesa.

Hasil rapid tes ini, akan ditindaklanjuti dengan swab tes. (Eva Abdullah)

Tags : Pekalonganrapid tes