close
KesehatanLayanan PublikPendidikan

Sekolah bakal dibuka lagi, pertemuan tatap muka hanya dua hari

new-normal-sekolah-2020-foto-baru
Ilustrasi, pembelajaran tatap muka dimasa pandemi. Foto: Tribunnews

Kajen, Wartadesa. – Rencana pelaksanaan New Normal (Normal Baru) di Kabupaten Pekalongan dalam dunia pendidikan, muncul wacana pelaksanaan pembelajaran tatap muka dilakukan dua hari, sedangkan empat hari berikutnya dilakukan secara daring (dalam jaringan–online). Demikian disampaikan oleh Rissa Sumarstyanto, Pengawas SMA/SMK Cabdin XII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/05).

“Untuk tahun ajaran baru, skenarionya anak melakukan tatap muka dua hari, sedangkan empat hari berikutnya dilakukan secara daring, atau pembelajaran online,” ujarnya.

Menurut Rissa pelaksanaan pembelajaran tatap muka tidak diisi dengan materi pembelajaran, melainkan berisi motivasi dan lainnya yang menumbuhkan semangat anak, “Nantinya, tiap kelas masukknya bergiliran dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Misal kelas 10 dua hari, kelas 11 dua hari dan kelas 12 dua hari. Itupun siswa tidak diberikan materi pelajaran, melainkan motivasi maupun permainan (ice breaking) yang meningkatkan semangat anak,” lanjutnya.

Terpisah, Hindun, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan mengungkapkan bahwa pihaknya meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan menyiapkan New Normal  terkait pendaftaran siswa baru, penyelenggaraan pendidikan tahun ajaran baru, baik ditingkat SD dan SMP.

“Kita tahu bahwa anak-anak didik tingkat SD dan SMP sifatnya masih kekanak-kanakan. Maka dari itu pemberlakuan protokol kesehatannya bagaimana untuk dilakukan oleh anak-anak agar seefektif mungkin untuk belajar ditengah penerapan New Normal,” kata Hindun.

Hindun berharap agar dinas terkait melalui para tenaga pendidikanya bisa mengedukasi siswanya agar pembelajaran tahun ajaran baru ini bisa dilaksanakan dan tidak menjadi cluster penyebaran COVID-19. Selain edukasi juga perlu adanya fasilitas penunjang penerapakan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan di setiap kelas dan tempat duduk yang terpisah serta berjarak.

Menurut Hindun, protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 ini perlu diperhatikan ketika sekolah dibuka kembali. “Bukan hanya fasilitas saja yang perlu disiapkan, cara anak berinteraksi pun perlu diatur. Misalnya, dalam sesi ice-breaking, anak-anak dan guru diajak untuk tidak berdiri atau duduk terlalu dekat satu sama lain. Dan tentu saja, selama aktivitas di sekolah berlangsung, anak-anak mesti mengenakan masker,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta orang tua siswa tidak khawtir ketika sekolah dibuka kembali.

“Saya juga menyarankan agar bangku di kelas diatur, satu meja satu orang. Kalau tidak kelas diubah, sehari masuknya dua kali. Itu bisa tidak?,” ujarnya dikutip dari Antara.

Meski demikian, Ganjar belum bisa memastikan kapan sekolah khususnya di Jawa Tengah masuk kembali. “Saya kira kalau sekolah dibuka orang tua yang galau bukan muridnya. Soalnya ada salah satu siswa yang bilang sama saya ‘Pak Ganjar sudah bosan di rumah kita mau ketemu teman, udah gitu kuota internet sudah abis. Kami pengin sekolah dan ketemu sama teman-teman,” kata Ganjar menceritakan salah satu siswa tersebut.

Kendati demikian, Ganjar belum ada rencana untuk membuka penerapan hidup baru atau new normal di Jawa Tengah sebelum kurva virus Covid-19 turun drastis.

“Kami tidak akan membuka dulu, kami akan latihan. Kami membuka new normal tergantung pada kurvanya menurun dulu. Kalau kurvanya naik turun kami belum mau buka. Tapi kalau kurvanya sudah menurun drastis pasti kita buka,” pungkas Ganjar. (Eva Abdullah)

Terkait
Meski obyek wisata mulai dibuka, waspada jangan sampai jadi klaster baru

Kajen, Wartadesa. - Pembukaan kembali obyek wisata secara bertahap di Kota Santri, menjadi angin segar bagi pelaku wisata. Namun juga Read more

Obyek wisata di Pemalang, Pekalongan, Batang kembali dibuka

Pemalang, Wartadesa. - Kepala pemerintahan di wilayah Pemalang, Pekalongan dan Batan kembali membuka obyek wisata yang beberapa bulan ini tutup Read more

Bupati Batang terapkan new normal di Pasar Batang

Batang, Wartadesa. - Meski data pada Sabtu (06/06) dari corona.batangkab.go.id menyisakan 21 orang positif korona yang dirawat, 18 orang sembuh, Read more

Seluruh desa di Pemalang deklarasikan kelaziman baru

Pemalang, Wartadesa. - Seluruh desa di Kabupaten Pemalang, Kamis (04/06) mendeklarasikan pelaksanaan new normal (kelaziman baru). Deklarasi tersebut merupakan kebijakan Read more

Tags : new normalsekolah dibuka