close
PolitikSosial Budaya

Anggota DPRD Padang Pariaman maju dalam Pilkada 2020

WhatsApp Image 2019-11-06 at 19.31.06
  • Siapkan Program-Program unggulan Ekonomi Kreatif Berbasis Kerakyatan

Padang Pariaman, Wartadesa. – Pilkada seretak tahun 2020 Provinsi Sumatera Barat semakin dekat, nama-nama tokoh yang ikut dalam kontestasi politik lima tahunan ini mulai bermunculan. Baik dimedia massa, elektronik, maupun baliho-baliho (baligho) sudah mulai memenuhi bahu jalan. Begitu juga halnya di Kabupaten Padang Pariaman, nama-nama tokoh terbaik untuk membangun daerah yang dikenal dengan Piaman Laweh mulai bermunculan, salah satunya adalah sosok yang dikenal dengan tokoh muda yang kharismatik dan visioner dipadang pariaman yaitu Tri Suryadi,   yang sekarang merupakan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Sosok yang dikenal akrab dengan sapaan Wali Feri ini bukanlah nama yang muncul tiba-tiba begitu saja. Wali Feri merupakan tokoh yang sukses membangun ketokohan dari Akar rumput.

Karir politiknya dimulai dari menjadi ketua pemuda tahun 2006-2007, tahun 2007-2010 menjadi Wali Korong Pinjauan, Wali Nagari Pilubang tahun 2010-2013, kemudian ditahun 2014-2019 menjadi anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, dan ditahun 2019 beliau sukses membangun karir politiknya untuk naik kelas menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Kesuksesan Tri Suryadi ini dianggap oleh masyarakat lebih memahami kompleksitas dan solusi masalah yang dihadapi Kabupaten Padang Pariaman saat ini, sehingga berbagai lapisan elemen masyarakat mendorong beliau untuk maju menjadi calon Bupati Padang Pariaman tahun 2020-2025 dengan harapan bisa menghadirkan wajah baru untuk padang pariaman yang lebih baik.

Ketika dikonfirmasi dikantor beliau di Komisi 2 DPRD Sumatera Barat, terkait dengan keseriusan beliau untuk maju menjadi Calon Bupati Padang Pariaman ditahun 2020-2025 ini, beliau memaparkan dengan jelas dan konsep sederhana. Berikut adalah petikan wawancara kami;

1. Dorongan apa yang memotivasi bapak untuk akhirnya memutuskan maju menjadi Bupati Padang Pariaman?

Awalnya saya memutuskan untuk tidak maju dan fokus di legislatif. setelah pemilihan legislatif tahun 2019 kemarin, sebelumnya saya belum memikirkan untuk maju menjadi calon bupati dikarenakan saya baru diamanahkan menjadi anggota DPRD Profinsi Sumatera Barat periode 2019-2024 oleh masyarakat dan saya ditempatkan dikomisi 2 yang lebih berfokus kepada ekonomi kerakyatan. Ketika saya resmi dilantik saya melakukan berbagai kunjungan kedapil, ketika itu saya berdialog dengan berbagai lapisan dan elemen masyarakat diberbagai tempat, namun disaat yang bersamaan dorongan besar dari semua kalangan itu mulai bermunculan baik dari kalangan akademisi, politisi, pengusaha, petani, nelayan dan tokoh-tokoh pemuda padang pariaman dengan alasan yang hampir sama yaitu “padang pariaman butuh perubahan dan sentuhan baru untuk menumbuhkan sektor ekonomi kerakyatan. Dan mereka semua mendorong saya mau untuk maju dalam membangun sektor ekonomi kerakyatan dan birokrasi yang sehat di Kabupaten Padang Pariaman.

2. Untuk membangun dan Menumbuh kembangkan Ekonomi Kerakyatan”. Program apa yang sudah bapak siapkan?

Persoalan pokok kita sebenarnya adalah rendahnya angka pelaku usaha, Padang pariaman merupakan daerah yang memiliki keunggulan demografi dan sumber daya alam yang lebih dari daerah-daerah lain, seperti sektor kelautan dan perikanan dengan laut yang memanjang, dan sektor pertanian dengan daerah dataran tinggi serta perbukitan yang harusnya juga tumbuhnya wisata yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat. Jadi saya akan fokus ketiga sektor tersebut ketika diamanahkan memimpin padang pariaman yaitu sektor ekonomi kerakyatan dan pariwisata, dengan membuka sektor ini bisa mendorong lahirnya pelaku-pelaku ekonomi baru kedepannya.

3. Apa yang menjadi harapan bagi bapak terkait dengan Pilkada Padang Pariaman Kedepan?

Saya berharap PILKADA Padang Pariaman Tahun 2020 ini berjalan dengan sehat dan mencerdaskan masyarakat dengan program-program untuk memajukan padang pariaman dimasa jabatan 2020-2025 nanti. Padang pariaman harus dipimpin oleh pemimpin yang benar-benar memperhatikan sektor ekonomi kerakyatan dan pariwisata yang menjadi penggerak kemajuan padang pariaman kedepan karna kita didukung oleh keunggulan demografis yang dititpkan Allah SWT. Pilkada tahun ini saya juga berharap ini merupakan awal bagaimana padang pariaman bergerak maju dengan tangan dan wajah baru yang menahkodai daerah kita kedepan. (***)

Jurnalis : Arul Paris

Editor: Buono

Tags : padang paraiamanPemilukada