close
Jalan-jalan

Ditemukan 60 spesies kupu-kupu langka di Petungkriyono

ilustrasi kupu-kupu matamu
ilustrasi kupu-kupu. Foto: Matamu

Petungkriyono, Wartadesa. – Tim LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menemukan 60 jenis spesies kupu-kupu langka di hutan wisata Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Menurut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, temuan itu berdasarkan hasil tim LIPI yang melakukan penelitian di hutan wisata Petungkriyono beberapa waktu lalu.

Meski tim belum merilis hasil temuan, karena masih bersifat untuk pemeliharaan, namun disampaikan wana wisata Petungkriyono memiliki 60 jenis spesies kupu-kupu langka.

“Tim dari LIPI melakukan penelitian selama tiga hari di hutan wisata Petungkriyono, dan hasilnya ditemukan 60 spesies kupu-kupu langka di Indonesia. Dan sekarang masih belum bisa dirilis ke publik, karena ada kepentingan lain untuk menjaga dan pemeliharaan,” kata bupati saat membuka kegiatan Sarasehan dan ulang janji menyambut Hari Pramuka Ke- 57 tahun 2018, di SMKN Karangdadap beberapa waktu lalu.

Dikatakan, Petungkriyono yang menjadi salah satu lokasi wisata unggulan Kabupaten Pekalongan, dan telah mendapatkan apresiasi wisatawan nasional dan mancanegara, tak hanya memiliki keindahan alam saja, melainkan juga memiliki kekayaan 60 spesies kupu-kupu langka di Indonesia. (WD)

 

Tags : kupu-kupu langkaPetungkriyono