close
mahakarya
Mahakarya

Menyambut datangnya hari raya sekaligus meningkatkan amal ibadah di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan, Mahasiswa Pekalongan Raya Yogyakarta (red.MAHAKARYA) bersama dengan Ikatan Notaris Indonesia wilayah kabupaten Pekalongan, Gerakan sedekah anti riba (Red. GSAR) dan Pola Pertolongan Allah (PPA) menyelenggarakan kegiatan berbagi 5000 nasi bungkus secara serentak di 10 titik Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Acara yang telah diadakan sejak tahun 2016 ini telah di inovasikan agar tidak hanya menjadi ajang bakti sosial tetapi juga forum temu atau silaturahmi pelbagai organisasi pemuda di kota dan Kabupaten Pekalongan. Terhitung sebanyak 109 individu mendaftar sebagai relawan pada acara tersebut, sebagian besar merupakan perwakilan dari organisasi baik dari intra sekolah/ universitas maupun organisasi ekstra.

Relawan-relawan tersebut tidak hanya berasal dari satu tingkat organisasi saja, tetapi dari berbagai tingkat maupun jenis organisasi, baik itu organisasi ekstra kurikuler di SMA hingga organisasi ekstra kampus di Pekalongan. Beberapa organisasi yang turut serta menjadi relawan di kegiatan berbagi 5000 nasi berbuka puasa ini antara lain, PMR Wira SMA Negeri 1 Kedungwuni, IPNU/IPPNU ranting Sragi, IPNU/IPPNU ranting Sapugarut, PKPT IPNU/IPPNU IAIN Sunan Kalijaga, GKPS, Ikatan Mahasiswa Pekalongan (IMAPEKA) Institut Pertanian Bogor, serta HMI kota Pekalongan. Selain itu masih terdapat sejumlah relawan yang mewakili individu maupun kelompok-kelompok lain.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 14.00 di lokasi pengkondisian sektor masing-masing. Setelah itu para relawan bersiap menanti pendistribusian nasi yang berjalan sejak pukul 15.00.  tepat pada pukul 16.00 Relawan secara serentak membagikan nasi di 10 titik pembagian antara lain Masjid Agung Kauman, RSUD Kraton, kelurahan Panjang wetan, desa Jeruk Sari, Pasar Banyu Urip, Pasar Banjarsari, Pasar Kedungwuni dan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Setelah pelaksanaan aksi berbagi nasi, segenap relawan menuju titik pusat di Pendopo lama Kabupaten Pekalongan untuk melakukan evaluasi kegiatan dan sesi ramah tamah.

Segenap relawan mengapresiasi adanya kegiatan ini. Hikam, salah seorang relawan asal PMR Wira SMA Negeri 1 Kedungwuni menyatakan sangat antusias sekaligus mengucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya telah diterima di kegiatan ini walaupun mereka terhitung sebagai relawan paling muda. Tak hanya Hikam, Aditama, salah seorang relawan asal pengurus ranting IPNU/IPPNU kecamatan Sragi memberikan apresiasinya lewat media sosial Whatsapp “Terimakasih semuanya… Kalian luar biasaa!!!. Semoga terlaksana kembali dan mudah-mudahkan bisa merapat lagi di acara 7 Juli bisa merapat lagi”.

Ditemui secara terpisah, Ma’ruf Alkhadad selaku ketua umum Mahakarya sekaligus Ketua koordinator acara berbagi 5000 nasi berbuka menyampaikan “Kegiatan ini memang tidak hanya ditujukan untuk bakti sosial dari Mahakarya, tetapi juga sebagai ajang temu bareng dan silaturahmi bagi pemuda-pemuda untuk bisa meningkatkan kecintaan kepada daerah.” (Muhammad Luthfi Immama)

Tags : BerbagiNasiIkatanNotarisIndonesiaMahakaryaPemudaPekalongan