close
Sosial Budaya

Harga Milet meroket, Lovebird terjun bebas

lovebird

Sragi, Wartadesa. – Burung Lovebird nampakya makin memudar masa keemasanya, ditambah saat ini harga pakan pokok “Burung Cinta” tersemuk makin melonjak drastis. Saat ini Milet putis mencapai kisaran Rp 22 ribu, perkilonya. Hal ini berimbas pada harga burung lovebird.

Harniawati, salah satu peternak lovebird asal Desa Tegalsuruh Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan juga mengeluhkan mahalya harga Milet. “Sekarang sekilo sekitar Rp 22 ribu, dan bisa saja naik lagi. Saya di rumah tadinya ada 15 pasang burung, sekatang sudah mipil (bertahap) saya jual untuk mengurangi biaya pakan.” Kata dia, Selasa (10/09)

Menurut Harniawati, harga burung pecinta ini makin merosot. “Sekarang harganya sangat murah, dulu saat saya beli paling murah sepasang Rp 500 ribu, tapi sekarang seekor lovebird yang warna hijau paling sekitat Rp 50 ribu.” Imbuhny.

Sementara salah satu pengamat burung asal Kecamatan Sragi, Rohani menjelaskan, mahalnya pakan burung lovebird memeng berimbas pada tataran pengemar burung lovebird. “Mahalnya pakan memang berimbas pada turunya harga lovebird , utamanya mereka para produsen (peternak), bayangkan, harga seekor lovebird hampir setara dengan 2 Kg Milet.” Ujarnya.

Rohani menambahkan, hingga saat ini belum ada pakan pengganti bagi lovebird, “sementara belum ada temuan pakan alternatif pengganti pakan dasar lovebird, otomatis para peternak tak mau ambil resiko terlalu jauh karena konsekuensi merugi jelas didepan mata.” Jelas Rohani. (Eva Abdullah)

Tags : lovebirdmilet