close
biopori

Pemalang, Wartadesa. -Biopori (lubang resapan air pada tanah) dapat dimanfaatkan untuk mengolah limbah maupun sampah yang bermanfaat bagi kesuburan tanah. Terkait hal tersebut, Tim II KKN Undip Semarang berbagi pengetahuan pembuatan biopori kepada warga Kelurahan Paduraksa, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, beberapa waktu lalu.

Program ini dilakukan dengan penyuluhan yang diadakan bersama masyarakat yang menjelaskan mengenai sampah di masyarakat, cara memilah sampah di rumah serta dampak yang ditimbulkan akibat sampah.

Diketahui, biopori ini merupakan cara untuk mengurangi dampak sampah yang ada di rumah tangga. Pengolahan sampah organik berupa biopori menjadi salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah yang ada di rumah selain itu dengan biopori dapat menjadi media untuk mmbuat pupuk kompos dengan mudah dan dapat sebagai resapan air di rumah.

Pelatihan dilakukan pada saat pertemuan PKK di Kelurahan Paduraksa, dengan melalukan praktek secara langsung kepada masyarakat diharapkan mampu menerapkannya di rumah masing masing.

Dengan pelatihan tersebut, masyarakat diharapkan mampu melakukan pengolahan sampah dengan sendiri sehingga jumlah sampah sisa rumah tangga yang dibuang akan semakin berkurang bahkan tidak ada sama sekali. (Tim II KKN Undip)

Tags : #pengolahansampah #kknundipbiopori

Leave a Response