close
Kesehatan

Pingpong drum bekas bahan kimia, warga Batang dan Tegal terimbas

drum
Drum bekas bahan kimia Ethanethiol di Depok, Batang. Foto: Trie Tanpa Kucir

Batang, Wartadesa. – Warga Batang, utamanya wilayah Kandeman, Depok hingga Klidanglor dihebohkan dengan bau menyengat sejenis bocoran tabung gas sejak Jum’at (06/08). Puncaknya pada malam Ahad (07/08) saat hujan turun di wilayah tersebut. Sehari setelahnya, pada Ahad (08/08) warga di dua Kecamatan Adiwerna dan Talang, Tegal mencium bau yang sama. Diduga drum bekas bahan kimia dari Depok sudah berpindah ke Tegal.

Adanya bau menyengat di Batang tersebut menjadi perbincangan hangat di grup media sosial Pigura Warga Batang dan Gosip mBatang. Pada dua grup tersebut, tulisan dari Trie Tanpa Kucir, paling banyak dibagikan.

Trie menulis bahwa ratusan drum bekas yang berada di Depok Kecamatan Kandeman, tepatnya di pesisir pantai Sigandu Batang, sejak 2 hari terakhir sangat meresahkan warga. Ratusan drum kosong yang diketahui milik pengusaha asal Tegal ini mengeluarkan aroma tak sedap, yang sangat menggangu pernafasan.
Sejumlah warga yang terdekat dengan lokasi, bahkan mengeluhkan pusing dan mual-mual. Misal saja Sukono yang terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu siang karena mengalami mual terus menerus.
Multazam yang merupakan warga setempat menuturkan, tidak diketahui secara pasti asal muasal kedatangan drum tersebut. Namun, sejak Jumat (6/8) siang drum bertuliskan Ethyl Mercaptan tersebut mengeluarkan aroma yang sangat menyengat.
Jajaran Polsek Tulis yang mendapat laporan warga, langsung mendatangi lokasi. Polisi langsung memasang Policeline dan menghubungi pemilik, untuk segera memindahkan ratusan drum tersebut ke tempat lain.
Kapolsek Tulis, Iptu Darwan memimpin langsung jalannya evakuasi drum bermasalah tersebut ke tempat lain. Sementara, 2 buah drum sudah diamankan ke mapolres sebagai barang bukti.
Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Sengka yang dikonfirmasi malalui pesan Whatsap menjelaskan, kasus ini sudah ditangani jajaran Satreskrim.

Salah satu postingan dikomentari oleh Amat Nashikhin, Ethanethiol ini berbahaya lantaran beracun dalam konsentrasi tinggi.

“Ethanethiol , umumnya dikenal sebagai etil merkaptan dan bau busuk , adalah cairan bening dengan bau yang berbeda. Ini adalah senyawa organosulfur dengan rumus CH 3 CH 2 SH. Disingkat EtSH, terdiri dari gugus etil (Et), CH 3 CH 2 , terikat pada gugus tiol , SH. Strukturnya sejajar dengan etanol , tetapi dengan belerang menggantikan oksigen . Bau EtSH sangat terkenal. Ethanethiol lebih mudah menguap daripada etanol karena berkurangnya kemampuan untuk terlibat dalam ikatan hidrogen. Ethanethiol beracun dalam konsentrasi tinggi.” Tulis Amat Nasikhin.

Selepas warga Batang yang digegerkan dengan bau menyengat dan menyebabkan seorang warga dilarikan ke rumah sakit. Kini giliran warga Tegal yang mengalami hal serupa.

Media online Radar Tegal melaporkan bahwa sejumlah warga di Desa Gembong Kulon Talang dan beberapa desa di Adiwerna digegerkan dengan bau menyengat seperti tabung gas bocor. Bahkan grup media sosial setempat ramai dengan bau menyengat tersebut.

Abdul Ghofur, warga Desa Gembong, Talang pun mencari tahu sumber bau tersebut. Namun hingga kini belum diketahui asal bau menyengat yang menyesakkan pernapasan warga tersebut. (Bono)

Terkait
Lewat jalur tikus, pemudik lebih manfaatkan motor

Tegal, Wartadesa. - Penggunaan moda transportasi motor lebih dipilih oleh pemudik saat ini. Alasan utama penggunaan moda ini lantaran kebebasan Read more

Disapu angin lisus, lima rumah di OW Guci rusak

Tegal, Wartadesa. -  Lima rumah di kawasan Guci, Desa Tuwel Rt 03/01, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal mengalami rusak ringan hingga Read more

Waridin, kelucuan saat pesan menjadi ranah publik

BAGI warga ngapak Tegal, sosok akun Facebook Waridin menjadi fenomenal. Lantaran setiap postingannya menjadi hiburan tersendiri, dan selalu dinanti. Pria Read more

Warga Batang, pelaku penculikan di Tegal sudah dikenal nenek korban

Tegal, WartaDesa. - Nailul Munafila (26), warga Batang yang merupakan pelaku penculikan dua bocah kakak beradik M (8) dan A Read more

Tags : bahan kimiaBatangbau menyengatTegal