close
Sosial Budaya

Rois Syuriah NU himbau umat muslim tak lakukan takbir keliling

takbir-keliling-350×350
ilustrasi takbir keliling

Batang, Wartadesa. –  Rois Syuriah NU Kabupaten Batang KH Abdul Manaf Syair menghimbau kepada umat muslim untuk tidak melaksanakan takbir keliling di malam Idul Fitri.

“Saya harap ada penertiban takbir keliling yang melintas di jalan raya, disamping mengganggu ketertiban di jalan raya juga untuk antisipasi agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” tutur KH Abdul Manaf Syair dalam acara buka puaa bersama ulama Se-Kabupaten Batang di rumah dinas Bupati Batang, Sabtu (09/06).

Menurut Abdul Manaf Syair, kaum muslimin cukup melantunkan takbir di masjid maupun mushola masing-masing.

“Takbir cukup di mushala atau masjid masing-masing saja, tidak usah sampai keluar kampung hal ini demi kemaslahan dan keamanan Kabupaten Batang,” lanjut Abdul Manaf Syair.

Tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Batang melarang warga melakukan takbir keliling pada malam perayaan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah karena kegiatan itu berpotensi negatif.

“Takbir berkeliling dengan menggunakan mobil justru tidak ada manfaatnya dan menjadi potensi perkelahian antarpemuda. Kami imbau warga lebih baik melakukan takbiran di mushalla maupun di masjid,” ujar Bupati Batang, Wihaji, Jum’at (9/6).

Wihaji menambahkan bahwa pihaknya akan mengitruksikan Muspika agar tidak mengijinkan adanya takbir keliling, “Pemkab akan menginstruksikan kepada pejabat musyawarah pimpinan kecamatan (muspika) agar tidak mengizinkan adanya kegiatan takbir keliling.” lanjutnya.

Seperti diketahui pada tahun-tahun sebelumnya, pemuda, pelajar, mahasiswa bersama masyakat desa di Batang menggelar takbir keliling.  (Eva Abdullah)

 

Tags : takbir keliling