close
Sosial Budaya

Syukuran kemerdekaan RI, warga gelar aneka jajanan gratis

jajan gratis

Tirto, Wartadesa. – Warga Desa Ngalian, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan menggelar aneka jajanan gratis bagi warga sekitar. Selain itu warga menyuguhkan hiburan musik dangdut untuk menyemarakkan peringatan HUT Ke-74 RI. Pun dilakukan oleh warga Desa Tangkil Tengah, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, selain menggelar jajanan gratis yang disiapkan pada meja yang ditaruh di depan rumah warga, mereka juga menyediakan stand hadiah dalam permainan ketangkasan. Ahad (18/08) malam.

Perhelatan aneka jajanan gratis di Desa Ngalian sudah disiapkan warga gang 7 (gang SD Negeri Ngalian) hingga depan Masjid Jami’ Ngalian, sejak selepas sholat Isya. Sementara di Ngalian gang 1 dan gang sumur bor, aneka jajanan gratis dimeriahkan dengan pementasan hiburan musik dangdut, di dua lokasi tersebut.

Warga yang sejak turun dari sholat Isya, langsung berbondong-bondong mendatangi stan (stand) warga yang menyediakan aneka makanan khas Pekalongan. Kontan saja, hanya dalam waktu singkat, seluruh aneka kuliner Kota Santri ludes, tandas tak tersisa.

Siti Kanah, warga gang 1 Desa Ngalian mengungkapkan bahwa penyelenggarakan jajanan gratis tersebut merupakan wujud syukur atas anugerah kemerdekaan Indonesia yang saat ini diperingati ke-74 tahun. “Ini merupakan wujud syukur warga atas anugerah kemerdekaan Indonesia, secara serentak warga menyediakan aneka makanan khas Pekalongan sesuai dengan kemampuan mereka,” ujarnya.

Pentas hiburan dangdut di dua lokasi yang dihelat warga, menurut mereka digelar untuk memeriahkan HUT RI dengan dana swadaya dari warga. Lanjut Kanah.

Sementara itu, di Desa Tangkil Tengah, meriahnya pusat jajanan gratis yang disediakan oleh warga, juga dimeriahkan dengan pembukaan stan hadiah. “Sedikitnya ada tiga stan hadiah yang disiapkan oleh warga secara swadaya. Beragam hadiah disiapkan dengan total nominal hingga jutaan rupiah, tiap stan nya,” tutur Anton, salah seorang warga Tangkil Tengah.

Hadiah hiburan mulai dari peralatan dapur, mainan anak, aneka pakaian dan lain sebagainya bisa didapatkan warga dengan cara melempar bola ke hadiah yang dituju. Jika tepat mengenai hadiah, ia berhak membawa pulang hadiah tersebut.

Sebelumnya, pada Sabtu (17/08) warga Desa Wuled, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, tepatnya sebelah utara lapangan Wuled menggelar acara serupa. Berbagi makanan gratis di wilayah Pekalongan menjadi tradisi baru dalam menyambut HUT RI sebagai wujud syukur warga. (Eva Abdullah)

Tags : HUT RIjajan gratis