close
Layanan PublikSosial Budaya

APBD 2020 fokus untuk peningkatan infrastruktur jalan dan pertanian

musrenbang

Karangdadap, Wartadesa. – Program peningkatan infrastruktur jalan dan pertanian masih menjadi target utama dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2020 Kecamatan Karangdadap. Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Karangdadap yang dihelat Senin (03/01) di pendopo kecamatan setempat.

Musrenbang Kecamatan Karangdadap dihadiri unsur Forkompimcam lengkap, anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Dapil IV, tim Bappeda Litbang Kab. Pekalongan, Kasi/Kasubag Kec. Karangdadap, Ka. Puskesmas, Korluh Pertanian, Korwil Bidang Pendidikan, Korlap KB, Kades se Kec. Karangdadap dan utusan dari desa yang terdiri dari unsur BPD, perempuan, tokoh agama/tokoh masyarakat se Kecamatan Karangdadap.

Camat Karangdadap, Abdul Qoyyum mengatakan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Pekalongan Tahun 2021. “Pelaksanaan Musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas OPD di Tingkat Kab. Pekalongan, yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD provinsi maupun APBN.” Ujarnya.

Qoyyum menambahkan, pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders (pengampu kepentingan) ditingkat kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan Tahun Anggaran 2021 yang akan datang. “Musrenbang ini merupakan bagian dari proses perencanaan dalam kerangka mewujudkan Visi Pembangunan Kabupaten Pekalongan yakni “ Terwujudnya Kabupaten Pekalongan yang Sejahtera, Religius, dan Berkelanjutan berbasis Potensi Lokal, “ lanjutnya.

Disamping itu Camat Karangdadap juga menyampaikan beberapa potensi wilayah, permasalahan yang ada selama ini di wilayah dan sekaligus juga usulan kegiatan, baik usulan skala tingkat Kecamatan maupun usulan yang berasal dari Desa – desa yang diperoleh pada saat pelaksanaan Musrenbang di Tingkat Desa. Usulan kegiatan tersebut nantinya akan dibawa ke Musrenbang di Tingkat Kabupaten Pekalongan.

Perwakilan Litbang Bapeda Kabupaten Pekalongan mengungkapkan bahwa tahun 2020 ini alokasi anggaran yang akan direalisasikan untuk wilayah Kecamatan Karangdadap sebagai berikut, peningkatan jalan Karangdadap – Kedungekebo ( ruas menuju Jembatan Guntur ) senilai Rp  1.747.200 ribu, peningkatan jalan Kedungwwuni – Karangdadap senilai Rp 2,184 juta, rehabilitasi Puskesmas Pembantu Pegandon Rp. 200 juta, pengadaan marka jalan Kedungwuni – Karangdadap  Rp 153 juta, pengadaan lampu Trafic Light di perempatan jalan Karangdadap Rp 198.872 ribu, dan pembangunan Jalan Usaha Tani ( JUT ) dan Jaringan Irigasi Tersier dibeberapa desa di Kecamatan Karangdadap.

Ia menambahkan,  kegiatan infrastruktur lainnya juga dibiayai dalam APBD 2020, seperti bidang irigasi, pertanian, pendidikan, keagamaan, penerangan jalan umum.

Musrenbang kali ini dihadiri oleh tujuh dari 11 anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Daerah Pemilihan IV Karangdadap, Kedungwuni, Wonopringgo dan Buaran. (Eva Abdullah)

Terkait
Pedagang Kakilima Pekalongan minta PPKMD dievaluasi

Ini tujuh point permintaan pedagang Kota Pekalongan, Wartadesa. - Paguyuban Pedagang Kuliner Nusantara dan Aliansi PKL (Pedagang Kakilima) Kota Pekalongan Read more

Fadia canangkan program pendidikan gratis hingga SMA, benarkah?

Kajen, Wartadesa. - Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dan Wakil Bupati Riswadi mencanangkan program sekolah gratis dari SD hingga SMA, untuk Read more

Masuk Zona Merah, April-Juni 90 Jenazah Covid-19 Dimakamkan

Kajen, Wartadesa. - Kota Santri, Pekalongan sejak Jum'at (18/06) masuk zona merah Covid-19. Lonjakan kasus korona ini terjadi pada bulan Read more

RS Bendan Overload, di tempat lain tempat tidur tinggal satu atau dua

Pekalongan Kota, Wartadesa. - Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan membuat okupasi (ketersediaan) tempat tidur (bed) ruang perawatan tinggal satu Read more

Tags : karangdadapmusrenbangPekalongan