close
EkonomiLayanan PublikSosial Budaya

Baznas Pemalang serahkan zakat untuk RTLH dan modal usaha

baznas pemalang

Pemalang, Wartadesa. – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pemalang menyalurkan zakat sejumlah Rp. 290 juta untuk kegiatan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dan modal usaha (ekonomi produktif) bagi warga tidak mampu Kecamatan Petarukan, Selasa (15/01).

Besaran zakat yang disalurkan untuk warga yang mempunyai rumah tidak layak huni sebanyak 15 orang, masing masing orang menerima Rp. 10 juta. Total Rp. 150 juta.

Sedangkan untuk bantuan ekonomi produktif, disalurkan kepada 10 kelompok yang beranggotakan 140 orang dimana masing masing menerima Rp. 1 juta, total Rp. 140 juta.

Menurut perwakilan Baznas Petarukan, Muhammad Nur, penyaluran zakat tersebut untuk membantu meringankan beban warga yang mempunyai rumah tidak layak huni menjadi layak huni dan membantu warga yang mempunyai keinginan usaha tetapi tidak mempunyai modal.

Kasubbag Perencanan dan Keuangan Kecamatan Petarukan, Roni Setiawan dana zakat yang disalurkan berasal dari salah satunya zakat ASN Kabupaten Pemalang.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini mudahan selalu diadakan dan mudah mudahan untuk penerima bantuan nantinya dapat ditambah lagi, harapan kami bantuan dapat dipergunakan sebaik baiknya sesuai dengan akad yang disampaikan.” Ucap Roni Setiawan

Ketua Baznas Kab. Pemalang Agus Nurkholis, menyampaikan kegiatan yang digelar tersebut dalam rangka pentashorufan zakat untuk Kecamatan Petarukan. “Kecamatan Petarukan sendiri dapatnya paling banyak dari Kecamatan lainnya.” Tutur Agus Nurkholis

Agus Nurkholis menambahkan bahwa zakat harus disalurkan kepada warga yang berhak, yaitu untuk fakir miskin. “Program kami adalah untuk membantu Pemda Kabupaten Pemalang untuk pengentasan kemiskinan.” Lanjutnya.

Agus Nurkholis mengapresiasi ASN Kabupaten Pemalang yang telah membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Pemalang. Menurutnya tahun 2018 terkumpul Rp. 6,5 miliar. (WD)

Tags : baznaszakat