close
EkonomiSosial Budaya

Zakat desa ini dikelola secara mandiri, bisa santuni warga terdampak Covid-19

depok

Batang, Wartadesa. – Disadari atau tidak, kisruh data penerima program Jaring Pengaman Sosial (JPS) warga terdampak virus Korona (Covid-19) membuat antar warga bersitegang. Meski berbagai sumber bantuan ada, namun masih ditemukan warga yang berhak yang luput dari bantuan.

Bagi Pemdes Depok, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, skema JPS bagi warga terdampak Covid-19 bukan hanya dari angaran pemerintah berupa BLT, paket sembako, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

Warga Depok lebih berdaya, meski pekerjaan mereka bertani atau bercocok tanam, namun mereka mampu menyisihkan hasil panen mereka untuk warga lainnya yang tidak mampu.

“Warga Desa Depok yang 70 persen hidup dari bercocok tanam, mereka mendonasikan sebagian hasil panen padinya, dan warga golongan mampu bersodakoh dalam bentuk uang tunai,”kata Kaminoto, Kepala Desa setempat, Jumat (15/4).

Hasil dari donasi dari para petani dan warga yang mampu tersebut, lanjut Kaminoto, dikelola oleh desa dengan membentuk Badan Amil Zakat untuk menyalurkan zakat mal, infak, sadaqah kepada yang berkah. “Donasi dari para petani dan warga golongan mampu terkumpul sebanyak 650 paket beras 5kg, sasaran penyaluranya 450 kepala keluarga yang berhak menerima,” jelasnya.

Lembaga amil zakat yang dibentuk desa, bekerja dan dikelola secara mandiri dengan melibatkan untur warga, seluruh ketua RT, sehingga bantuan yang disalurkan melalui lazis tersebut tepat sasaran. Lanjut Kaminoto. Setelah 450 warga miskin menerima paket beras, sisa dari paket beras yang terkumpul disalurkan kepada anak yatim dan piatu. (Eva Abdullah)

Terkait
4000 paket zakat dibagikan di Masjid At-Taqwa Wiradesa

Wiradesa, Wartadesa. - Warga di wilayah Wiradesa dan sekitarnya antusias. Mereka terlihat antri, meski agak berdesak-desakan, dalam pembagian zakat yang Read more

Baznas Pemalang serahkan zakat untuk RTLH dan modal usaha

Pemalang, Wartadesa. - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pemalang menyalurkan zakat sejumlah Rp. 290 juta untuk kegiatan rehab rumah Read more

Masjid Al-Khuzaemah berbagi senyum dengan 355 yatim dhuafa

Kajen, Wartadesa - Rangkaian kegiatan Ramadhan Berbagi yang bertajuk Merangkai Senyum bagi tiga ribu yatim dhuafa masih memenuhi agenda Lazismu Read more

Memakmurkan jama’ah Masjid dengan zakat infaq shodaqah

Kedungwuni, Wartadesa. - Potensi zakat di Indonesia tidak kurang dari Rp. 217 trilyun, namun baru sekitar lima persen saja potensi Read more

Tags : Depokzakat