close
Politik

Diprediksi Pilbub Pekalongan bakal diikuti empat pasangan

jingle pemilu
Peluncuran jingle Pilbup Pekalongan 2020 di KPU Kajen beberapa waktu lalu

Kajen, Wartadesa. – Gelaran Pemilukada Pemilihan Bupati/Calon Bupati (Pilbup) Kota Santri bakal diikuti oleh empat pasangan. Prediksi tersebut dikemukakan oleh  Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal, beberapa waktu lalu.

Menurut Abi,  berdasar hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Pekalongan akan ada empat calon pasangan peserta Pilbub. Meski saat ini masih adem ayem.

“Memang, sampai sekarang (kondisi) masih adem ayem. Kontestasi tidak boleh adem ayem, harus ramai dengan munculnya para calon. Kendati demikian, pelaksanaan pilkada harus aman dan damai,” ujar Abi dilansir dari Antara Jateng, Rabu (11/12/2019).

Prediksi tersebut, masih menurut Abi, terkait perolehan kursi pada Pileg 2019 dimana PKB memperoleh 15 kursi, sehinga partai tersebut bisa mencalonkan sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain.

PDIP yang memperoleh 11 kursi juga dapat mencalonkan secara mandiri, lanjut Abi, sedang  Partai Gerindra dengan 5 kursi, PPP 5 kursi, PAN 4 kursi, Golkar 4 kursi, dan PKS 1 kursi, jika akan mengajukan calon, mereka harus berkoalisi.

“Artinya, dengan komposisi itu, jika PAN berkoalisi dengan Gerindra atau PPP berjumlah sembilan kursi sehingga dapat mencalonkan pasangan cabup atau Golkar berkoalisi dengan Gerindra atau PPP juga bisa mengusung calon sendiri karena jumlahnya sembilan kursi,” kata Abi.

Menurut Abi, syarat untuk bisa mencalonkan adalah partai politik atau gabungan parpol yang memperoleh 20% dari jumlah kursi DPRD atau 25% jumlah perolehan suara sah parpol atau gabungan parpol yang memperoleh kursi di DPRD. (Eva Abdullah)

Tags : pilbub 2020pilbub pekalongan