close
Ekonomi

Durian J-Queen bakal ditanam di Pekalongan?

durian jqueen
Durian J-Queen, Foto: Tribun

Kajen, Wartadesa. – Durian hibrida J-Queen yang dibiakkan dari beberapa varietas unggul oleh seorang mahasiswa psikologi berusia 32 tahun bernama Aka dari Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta, dimungkinkan akan ditanam di Pekalongan, Jawa Tengah.

Hal tersebut diungkapkan oleh penemu durian yang dijual perbutirnya Rp. 14 juta, bahwa penciptaan durian hibrida J-Queen ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani durian di beberapa wilayah penghasil durian.

“Niat saya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan menciptakan durian unggul. Saya telah memiliki kebun durian di Kendal, Pekalongan, Banyumas, Pangandaran, dan Gunung Tanjung, Manonjaya, Tasikmalaya,” Ujar Aka kepada Kompas.

Durian J-Queen sempat menggemparkan pecinta durian di Indonesia, dimana buah raja ini dijual per butirnya seharga $ 1.000, tiga kali lipat lebih tinggi dari Upah Mimimum Regional (UMR) di Indonesia.

Diketahui durian J-Queen dijual di pusat perbelanjaan di Tasikmalaya, JawaBarat. Durian dipajang dalam kotak-kotak di atas satin merah dan dihiasi bunga-bunga palsu – dengan label harga 14 juta rupiah, atau sekitar £ 750.

Berita tentang durian J-Queen ini langsung saja menyebar cepat di Indonesia melalui media sosial, banyak netijen yang mencemooh (membully) dengan harganya yang fantastis, tapi banyak warga yang malah berbondong-bondong swafoto (selfie) dengan durian tersebut.

Otak dari durian varietas “Ratu” adalah Aka yang mengklaim mencipt;akan varietas durian baru dan langka dengan menyilangkan dua varietas unggul durian yang ada di Indonesia.

Pohon durian J-Queen ini unik, dia hanya berbuah tiga tahun sekali, dan dalam satu pohonnya hanya 20 butir buah durian (maksimal). (Dirangkum dari berbagai sumber)

Tags : durian 14 juta

Leave a Response