close
EkonomiLayanan Publik

Harga kebutuhan dapur naik! Syukur bawang merah dan ikan asin turun

pasar doro

Kajen, Wartadesa. – Meski hampir seluruh kebutuhan dapur (sembako) di wilayah KabupatenPekalogan mengalami kenaikan, namun bawang merah dan ikan asin mengalami penurunan harga di Pasar Doro. Harga bawang merah mengalami penurunan harga sekitar Rp. 10 ribu dan ikan asin turun hingga Rp. 5 ribu.

Menurut Kapolsek Doro, AKP Aries Tri Hartanto, pihaknya menggelar operasi pasar untuk meminimalisir kecurangan para pedagang saat bulan puasa. “Operasi pasar yang kita lakukan untuk meminimalisir kecurangan para pedagang yang mengambil kesempatan menaikkan harga dibulan Ramadhan tahun ini,” kata kapolsek Doro. Jum’at (10/05).

“Selain itu, kita bisa memonitor ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di wilayah Doro, barangkali ada pedagang yang curang dengan menimbun sehingga kebutuhan pokok di wilayah Doro menjadi kurang karena hal itu akan berdampak pada gangguan kamtibmas,” lanjut Aries.

Pantauan di lapangan, untuk harga telur, ayam potong, cabai rawit, cabai keriting, cabai merah dan tomat rata-rata mengalami kenaikan Rp. 2-5 ribu.

Sedangkan bawang merah mengalami penurunan harga sekira Rp. 10 ribu dan ikan asin turun hingga Rp. 5 ribu, namun demikian beberapa harga kebutuhan pokok yang lainnya masih stabil seperti beras dan juga daging sapi.

Sementara itu sidak yang dilakukan oleh Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan di Gudang Bulog Wiradesa pada Kamis sebelumnya mengungkapkan bahwa  persediaan beras di gudang mencukupi hingga akhir tahun ini. Sedangkan bulan ramadan ini belum ada gejolak mengenai harga beras dan tim belum menemukan adanya indikasi penimbunan, baik dari pedagang distributor maupun agen.

“Tadi untuk persediaan beras medium di gudang ada 4.600 ton. Cukup digunakan sampai akhir 2019. Sedangkan untuk beras premium di gudang ada 29 ton. Itu untuk mencukupi sampai 22 Mei 2019, ”  ujar Wawan Kurniawan.

Wawan menambahkan bahwa persediaan minyak goreng di wilayah Kota Santri cukup hingga lebaran. “Persediaan minyak goreng ada 11 ribu liter dan gula 29 ton. Itu juga tercukupi hingga Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya. (WD)

Terkait
Alhamdulillah, Guru honorer Kemenag dapat bantuan sembako

Kajen, Wartadesa. - Alhamdulillah, 1800 guru honorer dibawah Kementrian Agama Kabupaten Pekalongan dan 800 orang warga miskin di Kabupaten Pekalongan Read more

Karangtaruna Kabupaten Pekalongan Bagikan Sembako

Kaupaten Pekalongan, Wartadesa. - Selasa (19/05) Karang Taruna Kabupaten Pekalongan melaksanakan kegiatan berbagi sembako, adapun sasaran mereka adalah abang tukang Read more

Giat Ramadhan, Nasdem Kab Pekalongan Berbagi Sembako

Kab Pekalongan, Wartadesa. - Dewan Pimpinan Cabang Partai Nasdem Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Selasa (19/05) melaksanakan Kegiatan sosial kemasyarakatan berbagi Read more

Alhamdulillah, bantuan KKS Sembako sudah bisa diambil warga Limbangan

Karanganyar, Wartadesa. - Warga Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kartu Keluarga Sejahtera program Bantuan Sosial Read more

Tags : bawang merahharga naikikan asinlebaranpuasasembako