close
BencanaSosial Budaya

Korsleting, penyebab kebakaran di Kandangserang

kebakaran kandangserang

Kandangserang, Wartadesa. – Korsleting arus listrik menjadi penyebab kebakaran yang meluluh-lantakkan rumah Danuri, warga Dukuh Sidamulya, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Kandangserang, Senin (16/06) kemarin.

Anggota Polsek Kandangserang  Iptu Suradi, rumah yang berasal dari kayu milik Danuri itu terbakar diduga akibat konsleting listrik yang hingga merambat dan membakar rumah semipermanan tersebut.

“Dari keterangan pemilik rumah, saat itu pemilik rumah sedang bekerja di sawah sebagai petani,” tutur Iptu Suradi.

Api dapat dipadamkan oleh warga setelah satu jam, dengan peralatan seadanya. “Sekitar satu jam api dapat dipadamkan, dengan dibantu bersama warga dengan alat seadaanya,” lanjut Iptu Suradi.

Diberitakan sebelumnya, gara-gara lupa mematikan kompor yang sedang menyala dan ditinggal bekerja di sawah, rumah Danuri (50), warga Dusun Sidamulya, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, ludes dilalap api.

Kejadian yang berlangsung Senin (17/06) pukul 09.00 WIB tersebut berlangsung cepat. Pengakuan dari korban, Danuri pergi ke sawah beserta seluruh anggota keluarganya. Praktis rumah dalam keadaan kosong. Sementara korban lupa mematikan api kompor.

Diduga api dari kompor menyambar dinding rumah Danuri dan merembet hingga meluluh-lantakkan seisi bangunan rumah.

Warga yang melihat api berkobar di rumah Danuri langsung berteriak minta tolong dan memanggil warga lainnya untuk memadamkan api.

Dengan peralatan seadanya, warga bahu-membahu memadamkan api. Akhirnya api dapat ditaklukkan warga, setelah beberapa jam warga berjibaku memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian terebut, namun kerugian material yang diderita korban ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (Eva Abdullah)

Tags : Kandangserangkebakaran