close
Jalan-jalanSosial Budaya

Parit tanggul rob Pekalongan akan dikembangkan jadi obyek wisata air

wisata parit
Ilustrasi parit panjang di Pontianak menjadi obyek wisata. Foto: liputan6

Wonokerto, Wartadesa. – Parit sepanjang 10 kilometer dengan lebar 30 meter sedalam dua meter pada tanggul penahan rob Kabupaten Pekalongan, akan dikembangkan sebagai obyek wisata air. Demikian disampaikan oleh Asip Kholbihi di Wonokerto, Selasa (12/03).

Menurut Asip, tanggul raksasa tersebut membentang dari Kota Pekalongan hingga Kabupaten Pekalongan dengan panjang sekitar 10 kilometer, dan biaya pembangunan Rp 500 miliar lebih. Di tengah tanggul raksasa tersebut nantinya akan terdapat parit selebaran 30 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter lebih. Parit tersebut diwacanakan oleh Pemkab Pekalongan untuk dijadikan tempat wisata air baru setelah tanggul selesai dikerjakan.

Menurut Asip, saat ini progres pembangunan tanggul raksasa sudah mencapai empat kilometer dari 10 kilometer.
“Total sekitar 10 kilometer dari wilayah Kota Pekalongan dan 4 kilometer yang ada di wilayah Kota Santri, tanggul yang ada di wilayah Kota Santri nantinya akan kami bangun lokasi wisata baru lengkap dengan fasilitas kolam ikan dan perahu wisata,” katanya.

Bupati menuturkan sengaja membuat tanggul penahan banjir rob menjadi multifungsi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. “Karena lokasi wisata nantinya akan dikelola oleh pihak desa setempat, dan kami akan menunjang fasilitasi serta infrastrukturnya,” tuturnya.

Dijelaskan Bupati, Kecamatan Wonokerto sudah terdampak banjir rob sedari tahun 2008 lalu, dan kini saatnya mengubah pandangan dari bencana menjadi barokah. “Penyelesaian pembangunan dijadwalkan akhir tahun ini, setelah itu kami akan kebut pembangunan untuk lokasi wisata baru,” tambahnya.  (WD)

Tags : paritwisata paritWonokerto