close
DaerahSosial Budaya

Radio Komunitas jadi corong warga sampaikan kritik dan keluhan

jrka

Aceh, Wartadesa. – Kehadiran radio komunitas (rakom) di Aceh, dirasakan manfaatnya bagi pendengarnya. Ia mampu menjadi corong warga dalam menyampaikan segala keluhan, saran dan kritik warga kepada para pihak. Hal itu terungkap dalam podcast bersama Ketua Jaringan Radio Komunitas Aceh (JRKA) Iskandar, Jum’at (02/03).

Podcast berdurasi 2×30 menit tersebut bercerita tentang peran penting 60 rakom yang tersebar di seluruh Aceh. Menurut Iskandar, rakom di Aceh sudah menjalankan fungsinya serta membawa dampak positif bagi lingkungan komunitasnya.

“Diataranya, radio komunitas pernah berperan aktif untuk mempercepat rehap rekon pada bencana tsunami Aceh-Nias, 2004 lalu.” Tutur Iskandar.

Menurut Iskandar, radio komunitas juga berperan untuk mendorong transparansi akuntabilitas pada program PNPM Mandiri pada thn 2007 hinga akhir program.

“Dan banyak sekali program- program yang sudah dijalankan Rakom, sampai kerjasama program dengan Kanal KPK pada thn 2015 bahkan sampai saat ini Rakom masih memiliki hubungan baik dengan Kanal KPK kata ketua JRKA.” Lanjut Iskandar.

Menurut Iskandar, kehadiran rakom sangat membantu untuk menjadi corong warga dalam menyampaikan segala keluhan, saran dan kritikan kepada pihak-pihak terkait. (Syamsul KM)

Terkait
Kejurda JKI, anggota radio komunitas Kelengan Tanah Karo raih juara

Tanah Karo, Wartadesa. - Emkita Kerina Ginting (14) anggota Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Radio Komunitas Kekelengan 107.9 MHz Tanah Karo Read more

Tugas Berat Pengurus Rumah Besar Radio Komunitas Indonesia

Oleh: Buono Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) baru saja menggelar Konggres III dengan menghasilakan kepengurusan baru periode 2017-2021. Terpilih secara Read more

Kapolsek Kandangserang: Silakan Warga Mampir Jika Butuh Bantuan

Kandangserang, Wartadesa. - Polisi adalah pengayom masyarakat, jadi, jika warga membutuhkan bantuan atau sekedar mampir, silakan untuk datang ke Mapolsek Read more

Pemkot Pekalongan Bakal Pasang Label Miskin Penerima PKH

Kota Pekalongan, Wartadesa. - Pemerintah Kota Pekalongan bakal memasang label "miskin" bagi penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bertuliskan “Kami Read more

Tags : acehjrkajrkiradio komunitasrakom