close
PendidikanSosial Budaya

Ramadan Berbagi, IPM SMK Muhamka Ajarkan BTQ untuk Anak-Anak

ngaji muhamka
IPM SMK Muhamka Kajen mengajar baca tulis Al Qur'an (BTQ), Senin (21/05) di Masjid Al Khuzaemah Kajen

Kajen, Wartadesa. – Bulan Ramadhan kembali menyapa kita semua, sabagai umat islam bulan ramadan adalah bulan yang dinanti. Begitu juga dengan keluarga besar SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka), memasuki bulan ramadan 1439 H ini, Pengurus Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhamka menggelar sejumlah kegiatan.

Kepada Wartadesa, Pengurus IPM SMK Muhamka, Haidar Al Bana mengatakan, salah satu program unggulan di bulan Ramadan kali ini adalah belajar membaca Al Qur’an Untuk anak-anak. Sebuah program berbagi ilmu IPM SMK Muhamka kepada anak-anak usia sekolah dasar untuk belajar membaca Al Qur’an.

“Antusias anak-anak luar biasa, mereka datang ke masjid mulai jam setengah lima untuk belajar mengaji. Kebanyakan dari mereka berasal dari sekitar SMK Muhamka dan masjid Al Khuzaemah, pembimbingnya dari teman-teman IPM SMK Muhamka,” jelas Haidar.

Menurut Haidar, bulan Ramadan adalah momentum untuk belajar dan mendekatkan diri dengan Al Qur’an. Pendidikan Al Qur’an sudah seharusnya dikenalkan sejak dini dan belajar Al Quran adalah kagiatan yang tepat untuk mengisi Ramadan.

Sementara itu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Andriva mengatakan, SMK Muhamka berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan sekolah yang sejalan dengan visi dan misi, kegiatan Ramadan adalah agenda tahunan yang telah menjadi program unggulan bidang kesiswaan SMK Muhamka.

“Kegiatan Ramadan adalah kegiatan rutin, sebagai bagian dari Bina Al Islam, SMK Muhamka menggelar beberapa kegiatan. Siswa SMK Muhamka mengikuti kegiatan setiap hari selama bulan Ramadan, dengan jadwal yang telah disesuaikan. Untuk belajar BTQ, ini menjadi program unggulan IPM SMK Muhamka dalam rangka berbagi ilmu kepada anak-anak sekitar sekolah dan masjid, harapannya bagi anak-anak yang belum bisa baca Quran, setelah belajar bersama menjadi bisa dan bermanfaat.” kata Andriva.

Andriva menambahkan, kegiatan Ramadhan siswa SMK Muhamka dipusatkan di Masjid Raya Al Khuzaemah Kajen. Selain belajar BTQ, kegiatan lainnya adalah kuliah senja, buka bersama, salat tarawih dan terawih keliling. Setiap harinya disediakan lebih dari 400 takjil dan makanan untuk buka bersama jamaah yang hadir.
Dimas Bagus, salah satu peserta BTQ mengatakan, dirinya senang dan bersyukur bisa belajar membaca Al Qur’an di Masjid Al Khuzaemah.

“Ahamdulillah, bisa belajar Al Qur’an bersama disini. Dibimbing oleh kakak-kakak IPM menyenangkan dan ramah-ramah,” kata Dimas. (Rudi Widianto)

Terkait
Siswa SMK Muhamka Gunakan Android untuk PTS

Kajen, Wartadesa. - Mengawali tahun pelajaran 2019/2020, Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal SMK Muhamka gunakan Android, yang kemudian disebut Penilaian Read more

PMR Wira SMK Muhamka borong piala di VIA IAIN Pekalongan

Kajen, Wartadesa. - Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMK Muhamka meraih juara pada tiga cabang lomba sekaligus dalam ajang Volunteer Read more

SMK Muhamka Gelar Job Matching SMK 2019

Kajen, Wartadesa. - SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) menggelar kegiatan Job Matching (bantuan langsung pemasaran lulusan) SMK 2019 di Gedung Business Read more

Pembelajaran Kolaboratif, SMK Muhamka Gelar Pentas Drama

Kajen, Wartadesa. - Suara tembakan yang keras gemparkan SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka), diikuti dengan teriakan histeris ditengah-tengah kepulan asap. Tentara Belanda Read more

Tags : al Qur'anramadhansmk muhamka