close
Layanan PublikPendidikanTekno

RTIK Pemalang ajak warga manfaatkan media sosial untuk kegiatan positif

relawan tik
Relawan TIK Pemalang menggelar sosialisasi bijak menggunakan media sisial. Foto: Massolikhin

Pemalang, Wartadesa. – Relawan TIK (RTIK) Pemalang mengajak warga untuk bijak menggunaan media sosial. Mereka mengajak warga untuk memanfaatkan platform media sosial dengan kegiatan positif dalam perhelatan sosialisasi pemanfaatan media sosial di Masjid As Shobirin, Dusun Glintang, Kelurahan Bojongbata, Kabupaten Pemalang, Ahad (16/12).

Faur, Koordinator kegiatan RTIK Pemalang mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut digelar karena maraknya berita bohong atau hoax (hoaks) yang beredar di media sosial di wilayah Kabupaten Pemalang. “Maraknya berita hoax yang beredar di media sosial seputaran Kabupaten Pemalang menjadi keprihatinan bagi Relawan TIK Pemalang.” Tuturnya.

Faur menambahkan, pihaknya mengajak generasi muda yang mengikuti sosialisasi tersebut untuk kreatif dan produktif menghadapi perkembangan teknologi. “Melalui kegiatan ini, kami mengajak generasi muda untuk kreatif dan produktif menghadapi perkembangan teknologi.” Lanjutnya.

Para peserta yang merupakan anggota remaja masjid setempat diberikan materi tentang   tentang apa itu media sosial, fitur-fitur dan konten apa saja yang bisa dibuat untuk memperkaya konten positif di internet. Masih lanjut Faur.

Selain itu, peserta juga diberikan wawasan tentang kemaman data pribadi,  “Peserta juga dihimbau untuk tidak memposting data-data pribadi, kemarahan, maupun mudah percaya dengan orang yang baru dikenal.” Tutur Faur.

Menjawab pertanyaan dari peserta tentang maraknya berita bohong, Faur mengungkapkan bahwa mereka dapat melaporkan konten hoaks, ujaran kebencian dengan memanfaatkan layanan aduan konten yang disediakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.  Selain itu, mereka juga diharapkan agar menggunakan waktu sebijak mungkin ketika menggunakan ponsel pintar.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 WIB ini berakhir pada pukul 22.00 WIB. (Sumber: Massol/Kabar Pemalang)

Tags : berita hoaxcedas bermedia sosialrtik pemalang