close
KesehatanLayanan Publik

Toko modern yang langgar protokol kesehatan bakal ditutup

junaedi

Pemalang, Wartadesa. – Bupati Pemalang, Junaedi mengancam bakal menutup dan mencabut ijin usaha toko modern di Pemalang yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti berdesak-desakan, tidak mengenakan masker maupun tidak ada tempat cuci tangan.

Hal tersebut menurut Junaedi dilakukan sebagai upaya kewaspadaan memutus mata rantai penyebaran covid-19. “Bila melanggar, pertama kita beri teguran lisan, kedua teguran tertulis, bila tetap tidak diindahkan, ya kita cabut izinnya,” kata Junaedi saat menyidak aktivitas di Jogya Toserba Pemalang, Rabu (27/5) siang.

Junaedi menambahkan, semua pengelola pertokoan modern harus memperhatikan pengunjung, mulai dari mengecek suhu badan, dan menyediakan alat cuci tangan. Bila kedapatan pengunjung yang tidak pakai masker, pengelola mesti tegas melarang masuk.

Selain itu, Junaedi juga menyarankan pengelola memberikan fasilitas garis batas bagi pengunjung agar tidak berdesakan. Misalnya di tempat antrean kasir. “Kalau tidak diberi batas kan dianggap biasa saja, makanya saya sampaikan kepala pengelola usaha untuk memberi fasilitas itu,” pungkasnya. (Eva Abdullah)

Tags : pemalangtoko modern