close
Sosial Budaya

Ujicoba, Jalan Hayam Wuruk Pekalongan dibuka dua arah

jalan hayam wuruk

Pekalongan Kota, Wartadesa. – Jalan Hayam Wuruk Kota Pekalongan akan diujicoba dua arah, khusus untuk moda roda dua. Sebelumnya, ruas ini diberlakukan satu arah. Pemberlakuan dua arah diberlakukan hingga simpang tiga Pasar Anyar.

Selain itu, ruas Jalan Cempaka, Terate dan Kenangan di Sorogenen diberlakukan hal serupa, setelah sebelumnya ditetapkan SSA (sistem satu arah).

Berbeda denan ruas jalan yang disebut diatas, ruas Jalan RA Kartini akan diberlakukan dua arah kendaraan roda empat dengan pengecualian bus dan truk.

Ujicoba pemberlakuan jalan dua arah tersebut merupakan hasil dari forum lalu lintas dan angkutan jalan (FLLAJ).

“Ini hasil dari Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) yang belum lama ini digelar di Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan. Tak hanya Jalan Hayam Wuruk yang mengalami perubahan, Kawasan Sorogenen yakni Jalan Cempaka, Jalan Terate, dan Jalan Kenanga yang mulanya diterapkan SSA kini bisa dua arah khusus untuk kendaraan roda dua,” ungkap Sekretaris Dinhub Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo,  beberapa waktu lalu.

Menurut Aprilyanto, pemberlakuan dua arah tersebut merupakan program Walikota Pekalongan untuk meningkatkan perekonomian. “Ini sesuai arahan Wakil Wali Kota H Salahudin STP yang hadir pula saat FLLAJ kemaren, bahwa untuk menyukseskan program 100 hari, Dinhub berupaya memudahkan akses transportasi untuk meningkatkan perekonomian Kota Pekalongan,” terangnya.

Pemberlakuan ujicoba akan dimulai pada akhir Juni mendatang. “Hasil FLLAJ sudah dibuatkan draf. Ini sudah di meja wali kota, ketika sudah turun SK akan mulai kami uji cobakan sampai dengan akhir Juni untuk dievaluasi,” sambung April.

Saat pemberlakuan jalan dua arah, petugas Dinhub Kota Pekalonan akan diterjunakan guna mengatur dan memantau lalu-lintas.  (Bono)

Terkait
Peninggian jalan bukan solusi atasi rob Pekalongan

Pekalongan Kota, Wartadesa. - Penanganan banjir dan rob di Kota Pekalongan dinilai hanya sebatas tindakan sementara dan tidak solutif. Hal Read more

Perjuangkah hak-hak orang lemah, PD IPM gelar pelatihan jurnalistik

Kajen, Wartadesa. - Menyiapkan generasi muda yang memperjuangkan hak-hak akar rumput (kaum kecil dan lemah) perlu dilakukan sejak dini. Seperti Read more

Nyadran, kini menarik hati kaum milenial

NYADRAN yakni bebesik (membersihkan) makam dan memanjatkan do'a-doa dan selamaetan dengan berbagi makanan, menjelang bulan Ramadan, atau dalam penanggalan Jawa, Ruwah, kini Read more

Sepekan tenggelam, warga Randumuktiwaren ditemukan

Kajen, Wartadesa. - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan bersama instansi terkait menyatakan seorang warga Desa Randumuktiwaren Kecamatan Bojong yang Read more

Tags : jalan hayam wurukPekalongan