close
Politik

Calon perseorangan tak menarik! Tak satupun mendaftar

kpu

Pekalongan, Wartadesa. – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota dan Kabupaten Pekalongan ternyata tidak menarik perhatian kontestan untuk menjajal melalui jalur independen (perseorangan). Dalam Pemilihan  Calon Bupati/Wakil Bupati Pekalongan maupun Pemilihan Calon Walikota/Wakil Walikota Pekalongan, tak satupun yang mendaftar melalui jalur tersebut.

Hingga hari Ahad (23/02) malam kemarin, tidak satupun calon menyerahkan berkas melalui jalur perseorangan. Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal mengatakan, Sesuai dengan Tahapan, KPU Kabupaten Pekalongan telah melaksanakan kegiatan Penyerahan Syarat Dukungan Bakal pasangan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan tahun 2020 sejak tanggal 19–23 Februari 2020.

“Hingga batas akhir penyerahan dukungan yaitu pada tanggal 23 Februari 2020 pukul 24.00 WIB tidak ada satupun bakal calon perseorangan yang menyerahkan dukungan ke KPU Kabupaten Pekalongan, padahal KPU Kabupaten Pekalongan telah mensosialisasikan dan mengumumkan syarat dukungan calon perseorangan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan melalui banyak media baik cetak, elektronik maupun media sosial,” ujar Abi.

Sementara, Ahsin Hana, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pekalongan mengatakan bahwa sebelumnya telah ada calon perseorangan yang datang berkonsultasi, yakni pasangan H.Karnawi Iksan, S.IP, M.Si dan Henny Rachmawati, S.H., namun sampai batas akhir   tanggal 23 Februari 2020 Pukul 24.00 WIB, tidak ada satupun bakal pasangan calon perseorangan yang datang menyerahkan dukungan.

Kota Pekalongan juga tanpa calon perseorangan
Kondisi yang sama terjadi di Kota Pekalongan, tidak ada satupun pendaftar melalui jalur perseorangan. Komisioner KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis, Fajar Randi Yogananda mengatakan, hingga akhir penerimaan berkas syarat dokumen pada Minggu (23/2/2020) tidak ada satupun bakal pasangan calon yang datang ke KPU.

“Semalam hingga pukul 24.00, kami bersama Bawaslu dan perwakilan komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah menunggu adanya bapaslon yang hadir. Tapi hingga penutupan tidak ada satupun yang menyerahkan berkas syarat dukungan. Sehingga kami menutup tahapan ini dan dipastikan tidak ada calon dari jalur perseorangan dalam Pilwalkot tahun 2020,” ujar Fajar.  (Eva Abdullah)

Tags : calon independenkpu