close
BencanaSosial Budaya

Jalan Sibelis longsor lagi, warga berjaga 24 jam

sibelis longsor lagi

Paninggaran, Wartadesa. –  Hujan deras Senin malam (08/04) menyebabkan jalan Sibelis yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara kembali longsor. Warga Desa Tenogo Kecamatan Paningaran berjaga 24 jam, mereka bergiliran mengatur lalu-lintas di tanjakan Sibelis yang kondisinya makin memprihatinkan.

Longsoran material tanah di titik pertama, menutup jalan sejak Senin malam. Material tanah di sisi kanan dan kiri masuk ke jalan. Sementara ruas jalan yang sebelumnya amblas pada bulan Februari lalu, kini semakin lebar dan luas. Kedalaman jalan yang amblas sekitar enam meter dengan lebar 20 meter dan panjang mencapai 30meter. Pada titik kedua tersebut merupakan tanjakan dan turunan yang menikung tajam.

Warga yang sudah mendirikan tenda sejak tiga bulan lalu, terpaksa harus siaga 24 jam untuk mengatur lalu-lintas kendaraan yang melintas, untuk menghindari korban. Keterangan dari warga Desa Tenogo, Wibowo (46), longsor kali ini merupakan longsor terparah hingga menyebabkan kemacetan panjang.

Wibowo menambahkan longsor pada sisi atas (titik longsor pertama) ditambah pada sisi atas amblas menyebabkan ruas jalan hanya bisa dilewat satu arah saja. “Jalan hanya bisa dilewati satu arah saja, hingga warga bergantian mengatur lalu-lintas untuk mengurai kemacetan yang memanjang,” ujarnya.

Sementara itu, siang tadi warga bersama petugas kepolisian membersihkan material longsor yang menutup jalan, dengan dibantu dua alat berat.

Warga berharap agar jalan lama diaktifkan kembali untuk menghindari ruas jalan yang saat ini sering longsor dan amblas.  (WD)

Tags : longsorsibelissibelis longsor

Leave a Response