close
kebakaran sipandu
Kredit foto: Istimewa

Batang, Wartadesa. – Bukit Sipandu Dieng, perbatasan Batang-Banjarnegara, Jawa Tengah mengalami kebakaran. Warga dibantu petugas gabungan dan relawan, langsung melakukan pemadaman.  Kamis (05/09).

Diketahui bukit Sipandu terbakar sejak kamis sekitar pukul 18.30 WIB. Bukit yang berada di 2000 mdpl (meter diatas permukaan laut) terlihat membara. Warga dengan peralatan seadanya dan sumber air terbatas bersama tim gabungan dan relawan, bahu-membahu memadamkan api. Namun kondisi musim kemarau dan tiupan angin, api terus membakar kayu dan dedaunan kering di hutan tersebut.

Kobaran api terlihat jelas dari Dukuh Sigemplong, Desa Prantern, Kecamatan Bawang, Batang. Warga bersama petugas berusaha menggeser pipa air dari bukit Sipandu yang baru satu tahun dipasang, agar tidak ikut terbakar.

“Kalau sampai pipa air dari sumber mata air Gunung Perahu itu terbakar, warga akan kesulitan mendapatkan air lagi karena itu satu-satunya sumber air yang ada di desa kami,” kata Kepala Dusun Sigemplong, Sumadi, Jumat, 6 September 2019, dikutip dari Media Indonesia.

Kepala BPBD Batang, Ulul Asmi mengungkapkan bahwa pihaknya langsung mengerahkan petugas menuju titik api. Medan lokasi kebakaran cukup berat dan banyaknya kayu, ranting dan daun kering, lanjut Ulul, membuat pemadaman hutan sulit dilokalisir.

Sementara Komandan Koramil 04 Bawang, Kapte INf Amin mengatakan hingga saat ini petugas tim gabungan masih berjibaku memadamkan api.  “Kita masih terus berjibaku memadamkan api, dikhawatirkan akan merambat ke wilayah lain apalagi tidak jauh dari lokasi ada sumber gas bumi,” ucap dia. (Sumber: Media Indonesia)

Tags : bukit sipandukebakaran hutan