close
kebakaran petung

Petungkriyono, Wartadesa. – Hutan pinus di petak 29 M RPH Gumelem BKPH Doro, KPH Pekalongan Timur di Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan seluas 1,70 hektar, terbakar kemarin, Senin (19/08) pukul 10.30 WIB.

Musim kemarau membuat api yang diduga berasal dari putung rokok yang dibuang warga, membuat semak yang terbakar merangsek ke pepohonan pinus hingga menyebabkan kebakaran hutan. “Api dengan cepat merambat ke pohon akibat tiupan angin, hingga hutan pinus ini yang diperkirakan 1,70 hektare mengalami kebakaran,” ujar Iptu Akrom, Kasubbag Humas Polres Pekalongan, Selasa (20/08).

Warga bersama-sama anggota Polsek Petungkriyono dibantu anggota Koramil setempat langsung saja melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar. Syukur, api dapat dipadamkan sekitar pukul 12.38 WIB. Akibat kejadian tersebut kerugian material mencapai Rp. 6,3 jutaan, “diperkirakan kerugian mencapai Rp. 6.375 ribu,” lanjut Akrom.

Akrom menambahkan, pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak membakar hutan guna untuk membuka lahan ataupun tidak membuang sisa puntung rokok disembarang tempat, khususnya pada saat dikebun atau diladang. Dan apabila membakar sampah, setelah dibakar untuk ditunggui dan jangan langsung pergi meninggalkan lokasi. (Eva Abdullah)

Tags : kebakaran hutanPetungkriyono