close
Seni Budaya

Makam wali dan sesepuh Pekalongan akan dijadikan cagar budaya

asip

Kajen, Wartadesa. – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi akan menjadikan makam para wali dan para sesepuh di Kabupaten Pekalongan menjadi situs cagar budaya. Demikian disampaikan dalam peringatan Haul Mbah Nurul Anam dan Sesepuh Kranji, di Dukuh Kranji Kelurahan Kedungwuni Timur Kecamatan Kedungwuni, Rabu (20/3/2019).

Pemerintah Kabupaten Pekalongan menurut Asip, akan membangun kembali makam para wali dan sesepuh. “Jika sudah menjadi situs cagar budaya makam para wali dan sesepuh akan terlindungi, karena sudah masuk dalam undang-undang.” Lanjutnya.

Asip menyebut bahwa  Kabupaten Pekalongan merupakan daerah subur, Kecamatan Kasesi, Bojong dan Sragi dulu menjadi lumbung padi untuk pasukan Mataram. Hal tersebut juga berkat perjuangan para sesepuh, dan perjuangan mereka  dan akan diteruskan oleh pihaknya.

Sejak jaman Belanda, ujar Asip, pemimpin di Kota Santri telah memegang teguh dan melesarikan budaya.  “Bupati Pekalongan dari zaman Belanda merupakan orang yang pintar dalam menejemen pemerintahan, selain itu menjunjung tinggi tradisi keagamaan dan budayanya,” katanya.

Hingga dia berjanji akan terus melestarikan budaya dan tradisi para leluhur. “Budaya dan tradisi para leluhur akan terus kami lestari termasuk haul dan tahlil,” paparnya. (WD)

Tags : cagar budayamakam wali

Leave a Response